Kepulauan Meranti

Berikut Kegiatan Yang Akan Dilaksanakan Pemcam TTB Dalam Perayaan Hut Meranti Ke-9

Berikut Kegiatan Yang Akan Dilaksanakan Pemcam TTB Dalam Perayaan Hut Meranti Ke-9
Camat TTB Iin Helfandi beserta Istri

Penulis : Dhamean Hs

Meranti,TiraiPesisir.com – Hari jadi Kabupaten Kepulauan Meranti ke-9 jatuh pada 19 Desember 2017. Meski masih tersisa waktu 1 bulan, Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Tebingtinggi Barat sudah mulai persiapan untuk perayaan tingkat Kecamatan, hal itu ditandai dengan digelarnya rapat koordinasi (rakor) pada Senin 14 November 2017 lalu.


Rakor tersebut dihadiri pihak-pihak terkait seperti Kepala Desa, Unsur TNI, Polri tingkat Kecamatan, PKK Kecamatan, LAMR, MUI, LPTQ dan tokoh masyarakat serta tokoh pemuda.

Camat Tebingtinggi Barat, Helfandi SE. MSi, Senin 20 November 2017 mengungkapkan, agenda yang akan dilaksanakan sempena perayaan hari jadi Kabupaten Kepulauan Meranti ke-9 tingkat Kecamatan Tebingtinggi Barat, seperti festival atau lomba disesuaikan dengan kearifan lokal masyarakat di Tebingtinggi Barat.

Camat TTB Iin Helfandi beserta Istri

Adapun agenda perayaan hari jadi Kabupaten Kepulauan Meranti tingkat Kecamatan Tebingtinggi Barat, sebut Helfandi, antara lain:
•18 Desember 2017 diawali dengan kegiatan keagamaan lomba menjadi khatib masing-masing desa perwakilan 2 orang.
•18 Desember hingga 19 Desember 2017 malam, digelar lomba lagu/langgam melayu.
•19 Desember 2017 pagi pukul 07.30 Wib, apel bersama dalam rangka hari jadi Kabupaten Kepulauan Meranti tingkat Kecamatan Tebingtinggi Barat di komplek kantor camat Tebingtinggi Barat.
•19 Desember 2017 pukul 08.30 Wib dilanjut dengan pembukaan festival menggolek tual sagu 3 orang per tim (terbuka utk umum).
•20 Desember 2017, puncaknya pagi pukul 08.30 Wib dilanjutkan dengan Ngopi Bareng 1912 orang dan diselingi festival mencocok/ mengayam atap 2 orang per tim (terbuka untuk umum).


“Diperkirakan sebelum siang kita tutup dengan pemberian hadiah bagi 4 cabang yang dilombakan tadi. Diperkirakan hadiah sagu hati berkisar 15 belasan juta rupiah saja ditambah tropi dan piagam. Memang tidak besar hadiahnya, yang penting semaraknya itu untuk mengingat bagi para pejuang-pejuang pemekaran yang telah melahirkan kabupaten yang kita cintai ini,” ujar Helfandi.

Baca Juga :  Terbitnya Peraturan Gubernur Riau, Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi Laksanakan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan

Yang terpenting, tujuan dilaksanakannya kegiatan-kegiatan tersebut, sebut Helfandi, masyarakat di pelosok Kecamatan dan Desa harus tahu terkait dengan sejarah lahirnya Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Kegiatan ini insyaallah juga didukung semua Kades se Kecamatan Tebingtinggi Barat dan pihak instansi yang ada di Kecamatan Tebingtinggi Barat,” tambah Helfandi.

Terkait persiapan, Helfandi mengaku jika pihaknya telah membuat himbaun kepada kantor-kantor Desa dan instansi dilingkungan Pemerintah Kecamatan Tebingtinggi Barat untuk bersih-bersih sebelum hari H, membuat spanduk, baleho ucapan selamat hari jadi, memasang umbul-umbul dan berpakaian melayu pada taggal 18 hingga 19 Desember 2017.

Baca Juga :  Ketua PCNU Kepulauan Meranti Mengajak Seluruh Masyarakat Untuk Terus Meningkatkan Toleransi Antar Umat Beragama

“Yang pastinya menyesuaikan dengan petunjuk dan edaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti,” pungkasnya.***


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: