Kepulauan Meranti

Babinsa Sertu A. Harianja : Bersama-sama Menjaga Keamanan di Wilayah Desa, Supaya Terhindar Dari Bencana Karhutla

Babinsa Sertu A. Harianja : Bersama-sama Menjaga Keamanan di Wilayah Desa, Supaya Terhindar Dari Bencana Karhutla

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Kodim 0303/Bengkalis melalui koramil 02/Tebing Tinggi, Babinsa Sertu A. Harianja bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Perangkat Desa, melaksanakan Patroli Rutin Karhutla di Desa Kayu Ara, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (10/9/2020).

Sertu A Harianja mengatakan, adapun tujuan dilaksanakan kegiatan patroli ini adalah untuk mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga keamanan di wilayah Desa Kayu Ara, supaya terhindar dari bencana Karhutla di saat Musim Kemarau.


“Pencegahan secara dini melalui pemantauan sangat perlu dilakukan, karena permasalahan ini cukup kompleks, selain disebabkan perilaku dan kepentingan banyak pihak juga dipengaruhi faktor iklim dan daerah berlahan gambut yang rentan terjadinya kebakaran,”ucapnya

Baca Juga :  Camat Juwita : Sekarang Ini yang Kita Fikirkan Dampak Ekonomi Dari Covid-19

Tambahnya lagi, patroli pemantauan bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Perangkat Desa, pihaknya juga mensosialisasikan kepada masyarakat akan bahaya dan dampak yang ditimbulkan dari setiap terjadinya Karhutla.

“Kita mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran secara sembarangan serta tidak membuka lahan perkebunan dengan cara membakar,”ucapnya lagi.


Lanjutnya lagi, dalam giat patroli pemantauan yang dilaksanakan tidak ada gejala titik api yang ditemukan, dan patroli pemantauan serta komunikasi sosial berjalan tertib lancar dan aman.

Baca Juga :  Lagi, Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi Laksanakan Patroli Karlahut di Desa Segomeng

Salah satu masyarakat Desa Kayu Ara yang tidak mau di sebut namanya mengatakan, patroli Karhutla bersama Babinsa dan MPA, sangat membantu dan memberi pemahaman kepada masyarakat cara mencegah kebakaran lahan dan hutan di Desa Kayu Ara.

“Dengan adanya Patroli yang di laksanakan TNI ini sangat penting, untuk mengajak masyarakat agar tidak membakar lahan atau kebun dengan dibakar, saya selaku masyarakat Desa Kayu Ara, mengucapkan terimakasih kepada TNI yang telah memberikan masukan dan bahayanya Karhutla,”ucapnya.(B015/09)

Baca Juga :  Kepengurusan DPC LAN Meranti Terbentuk, Perang Jaringan Peredaran Narkoba

Editor : Agus Salim Hs


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: