Kepulauan Meranti

Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi Bersama Bhabinkamtibmas Laksanakan Giat Patroli Pemantauan Karhutla di Desa Sesap

Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi Bersama Bhabinkamtibmas Laksanakan Giat Patroli Pemantauan Karhutla di Desa Sesap

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Guna menekan terjadinya bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Kodim 0303/Bengkalis melalui Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi Sertu Bambang S bersama Bhabinkamtibmas Brigadir Muhktar R dan Masyarakat Peduli Api (MPA), terus laksanakan giat Patroli Pemantauan dan Komunikasi Sosial Kepada masyarakat Desa Sesap, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti. Kamis (29/10/2020).

Sertu Bambang S mengatakan, pengendalian gejala kebakaran secara dini merupakan langkah efektif dalam meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan di desa binaan Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi.


“Selain melakukan patroli dan pengecekan sekat kanal persediaan air, juga dilaksanakan komunikasi sosial kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran serta akibat yang ditimbulkannya, salah satunya berdampak pada kesehatan,” ucapnya.

Baca Juga :  Anggota Dewan Meranti Hafizan Bagikan 100 Karung Beras Ke Masyarakat Kurang Mampu

Lanjutnya lagi, untuk itu masyarakat diminta untuk berperan aktif dalam upaya mengurangi penyebab terjadinya karhutla, yakni tidak melakukan pembakaran secara sembarangan dan membuka lahan perkebunan dengan cara membakar.

“Termasuk salah satu dari sekian penyebab terjadinya Karhutla adalah jalan pintas atau cara mudah bagi sebagian oknum dalam membuka lahan pertanian baru dengan cara membakar, oleh karena itu masyarakat diimbau untuk tidak melakukannya,” ucapnya lagi.


“Patroli bersama Bhabinkamtibmas dan MPA berjalan tertib lancar dan aman, serta tidak ditemukan sebarang titik api dan gejala kebakaran.” Tutupnya.(B015/09)

Baca Juga :  Bupati Meranti Minta Camat Atur Kondisi Lingkungan dan Daerahnya Untuk Menjamin Masyarakat Hidup Layak

Editor : Agus Salim Hs


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: