Indonesia

AHLI WARIS ABDOELLAH DANG BELUM TERIM GANTI RUGI DARI PT.CPI

AHLI WARIS ABDOELLAH DANG BELUM TERIM GANTI RUGI DARI PT.CPI

AHLI WARIS MILIKI SURAT DASAR TENTANG KEBENARAN TANAH ABDOELLAH DANG,SURAT ASLI TANAH MASIH DIPEGANG AHLI WARIS,KARENA GANTI RUGI BELUM DI TERIMA DARI PT.CPI

Dumai,TiraiPesisir.Com-Penjelasan ahli waris terkait lahan milik Abdoellah Dang yang menjadi objek perkara, ada surat dasar kepemilikan tanah yang dimiliki Abdoellah Dang ujarnya kepada wartawan media ini Jum’at 14/10. Dimana surat dasar kepemilikan itu sesuai surat jual beli tanggal 16 Oktober 1939, Reg No. 18/1939. Tanah milik Abdoellah Dang tersebut dari sejak tahun 1957 sampai sekarang dikuasai PT. CPI tapi belum ada ganti rugi diterima ahli waris ujar cucu Abdoellah Dang Nasir Efendi kepada wartawan media tiraipesisir.com.


Karena itulah ahli waris melakukan tuntutan terhadap PT. CPI karena ganti rugi belum diterima dari perusahaan perminyakan itu sampai sekarang sebut ahli waris Abdoellah Dang. Sesuai diketahui bahwa PT. CPI sudah melakukan pembayaran ganti rugi terhadap 462 orang pemilik lahan, didalamnya tanah Abdoellah Dang persi No : 321. Ketika itu lahan tanah milik Abdoellah Dang tidak diganti rugi lantaran surat asli tanahnya tidak kelihatan jelas Nasir Efendi mengungkap tuntutan ahli waris.

Baca Juga :  Reskrim Polres Bengkalis Ringkus 4 Orang Pelaku Curanmor

Surat dasar kepemilikan tanah Abdoellah Dang sampai saat ini surat asli tanah tersebut masih dipegang ahli waris karena sudah ditemukan beberapa waktu lalu. Karena itu ahli waris berupaya memperjuangkan menuntut ganti rugi terhadap PT. CPI yang kemudian tahun 1992 juga dilakukan permohonan minta ganti rugi terhadap perusahaan perminyakan itu karena kelengkapan kepemilikan cukup dasarnya meminta ganti rugi kepada PT. CPI ujar ahli waris Abdoellah Dang dalam wawancaranya dengan wartawan media tiraipesisir.com Jum’at 14/10 di Dumai.

Di jelaskan surat dasar tentang kebenaran tanah milik Abdoellah Dang juga pemerintah Bengkalis dan Kelurahan Tanjung Palas maupun Kecamatan Dumai Timur sudah menyurati pimpinan PT. CPI Rumbai/Dumai agar dilakukan penyelesaian ganti rugi lahan Abdoellah Dang. Dimana sesuai dengan yang kami peroleh, ada surat keterangan dari Kelurahan Tanjung Palas tentang kebenaran tanah Abdoellah Dang No. 47/TP-DT/1992 disebutkan dalam surat itu bahwa ahli waris bersama Inspektur Stabilitas Nasional (IRTANAS) Tingkat I Provinsi Riau sudah turun kelokasi lahan di dalam areal kerja PT. CPI berbatasan dengan areal kilang Pertamina RU II Dumai. Ketika itu turun survey ke lokasi tanah Abdoellah Dang, ikut dari salah satu Staff Kantor Walikota Administratif Dumai, dan petugas dari PT. CPI Rumbai/Dumai, serta petugas dari Pertamina pada tanggal 6 November 1992.


Lanjut ahli waris Abdoellah Dang, tiga hari setelah survey tanah Abdoellah Dang di lokasi, kemudian Kelurahan Tanjung Palas menerbitkan surat keterangan pada tanggal 9 November 1992 yang ditanda tangani Lurah Tanjung Palas Muhammad M. Nurja dan ditanda tangani Camat Dumai Timur Drs. Wan Fauzi Effendi Reg No : 08/DT/1993 Tanggal 8 Februari 1993. Selain itu juga ada surat Bupati Kepala Daerah Kabupaten Bengkalis kepada Pimpinan PT. CPI Rumbai /Pekanbaru No . 590/TP/39.362 Tanggal 31 Maret 1992 ditanda tangani Sekretaris Wilayah daerah Drs. Helmy Mat. Intinya berdasarkan laporan hasil pemeriksaan Inspektorat wilayah Kab. Dati II Bengkalis No : 01/IWK/RIIS/7/1994 tanggal 17/1/1994 dimana berdasarkan daftar pemilik tanah No. PA-70A-32-1991/1997 atas nama Abdoellah Dang. Bahwa PT. CPI belum memberikan ganti rugi tanah Abdoellah Dang. Dalam surat tersebut dijelaskan sejak PT. CPI lakukan pembayaran ganti rugi tahun 1956 namun PT. CPI tidak dapat menunjukkan bukti tanda terima pembayaran yang dilakukan kepada pemilik. Sementara surat asli tanah milik Abdoellah Dang masih di tangan ahli waris.

Baca Juga :  Polisi Buru Giat Illegal Loging Sampai Kepelosok Hutan

Berdasarkan data yang dihimpun media tiraipesisir.com dimana tahun 2004 lalu pemerintah Kelurahan Tanjung Palas juga menyurati PT. CPI dengan Reg. Camat No : 80/SUS/05/IX/2004 yang ditanda tangani Lurah Tanjung Palas H. Yulizar, S.Sos tanggal 30/9/2004. Meminta agar PT. CPI merealisasikan pembayaran ganti rugi tanah Abdoellah Dang. Surat Kelurahan Tanjung Palas tersebut ditanda tangani Camat Dumai Timur Kadarisan Arif, S.Sos tanggal 30/9/2004. Surat tersebut perihal agar PT. CPI melakukan penyelesaian ganti rugi tanah Abdoellah Dang dengan semestinya. Jadi ahli waris Abdoellah Dang menyimpulkan wajar dan patut dituntut ganti rugi kepada PT. CPI karena tanah Abdoellah Dang sudah dikuasai dari tahun 1957 sampai dengan sekarang tetapi ganti rugi belum diterima ahli waris dari PT. CPI ujarnya. Sembari mengatakan ahli waris mengharapkan Majelis Hakim yang mulia yang mengadili perkara ini dapat mengambil putusan yang seadil-adilnya ujar ahli waris Abdoellah Dang itu mengakhiri. (Rds)

Baca Juga :  Saat Digrebek Dikediamannya, Istri Tersangka Penyalah Gunaan Narkoba Shok, Hingga Tak Sadarkan Diri

Pimpinan Umum/Pmpinan Redaksi/Pengjab : Zainuddin.Hs,S.Ag,SH

 

 


author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: