Kepulauan Meranti

31 Desa di Kepulauan Meranti Raih Penghargaan dari Kemendes PDTT

31 Desa di Kepulauan Meranti Raih Penghargaan dari Kemendes PDTT
31 Desa di Kepulauan Meranti Raih Penghargaan dari Kemendes PDTT

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI terus mendorong upaya untuk mempercepat pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, agar dapat diterima warga yang berhak dan disalurkan dengan cepat sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Salah satu upaya yang dilakukan, setelah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap penyaluran BLT Dana Desa tahap I. Maka bagi desa yang telah menuntaskan pendistribusian dengan tepat waktu dan sesuai aturan yang telah ditetapkan, diberikan apresiasi dan penghargaan khusus dari Menteri PDTT RI.


Penghargaan itu, diberikan kepada beberapa desa terbaik disetiap kabupaten dan kota di Indonesia itu.
Untuk Kabupaten Kepulauan Meranti ada 31 dari 96 desa yang meraih penghargaan tersebut atas kesuksesan dalam penyaluran BLT Dana Desa tahap pertama sesuai batas waktu yang ditetapkan.

Baca Juga :  Yulian Norwis Beserta Tim "MAJU" Mengambil Formulir pendaftaran Di DPD GOLKAR

Kepala Bidang Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kepulauan Meranti, Darwis S.IP MM mengatakan bahwa penghargaan yang diraih oleh desa tersebut tidak terlepas dari peranan Bupati Kepulauan Meranti. Sehingga ketepatan dan kecepatan dalam pendistribusian BLT Dana Desa kepada masyarakat dimasa pendemi covid-19 ini, bisa terlaksana dengan baik sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

“Waktu itu masih banyak terjadi pro dan kontra terkait pembagian BLT ini. Namun Bupati waktu itu langsung mengeluarkan regulasi berupa surat edaran terkait hal itu termasuk dalam melakukan refocussing anggaran,” kata Darwis, Rabu (2/12/2020) Sore.


Dikatakan Darwis, reward terhadap desa yang tepat waktu dalam menyalurkan berdasarkan laporan dari pihaknya kepada kementerian terkait.

Baca Juga :  Bupati Meranti,H.Irwan Buka Secara Resmi MTQ Tingkat Kabupaten Ke-X Tahun 2018 

“Penyaluran BLT ini kita laporkan kepada Kementerian, semuanya kita kirim dan penilaian dilakukan disana dan ternyata yang hanya benar-benar tepat waktu dan mendapatkan reward hanya 31 desa saja,” ungkap Darwis.

Dikatakannya lagi, BLT-DD telah membantu total sebanyak 10.485 KPM ( Keluarga Penerima Manfaat ) dan menggunakan anggaran dana desa kurang lebih sebesar Rp18.867.000.000

Sementara itu Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan mengatakan penghargaan tersebut sebagai pencapaian yang begitu baik pasalnya adanya penghargaan tersebut membuktikan bahwa Kabupaten Kepulauan Meranti mampu membuktikan terlaksananya intruksi Kementrian didalam membantu masyarakat yang tertuang didalam BLT DD.

Baca Juga :  Kali Ini Wakapolres Meranti Yang Baru Serahkan Sembako

“Kita berterimakasih atas pemberian penghargaan atas kinerja penyaluran BLT DD di Kepulauan Meranti. Sebuah tanggungjawab yang besar menjadi landasan tersendiri demi mewujudkan BLT DD dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu ditengah pandemi Covid-19 ini yang berdampak pada sektor perekonomian,” ujar Irwan.

Adapun desa yang mendapatkan reward tersebut adalah Banglas, Segomeng, Bantar, Lemang Nomor, Sungai Cina, Permai, Mekar Baru, Sungai Gayung Kiri, Dwi Tunggal, Tanjung Gemuk, Alai, Tanjung, Kundur, Barang Malas, Gogol Darussalam, Mengkikip, Alai Selatan, Tanjung Darul Takzim, Baran Melintang, Batang Meranti, Pangkalan Balai, Nipah Sendanu, Sendanu Darul Ikhsan, Mekar Delima, Dedap Beting, Sokop, Sendaur, Kayu Ara dan Tanah Merah.(A03/AH.01)

Editor     : Agus Salim Hs
Sumber : TPC
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: