Sitename

Description your site...

Februari 21, 2020

Wabup Meranti Minta Camat dan OPD Mampu Ciptakan Selatpanjang yang Bersih, Aman dan Nyaman

Wabup Meranti Minta Camat dan OPD Mampu Ciptakan Selatpanjang yang Bersih, Aman dan Nyaman

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim, membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tebing Tinggi Tahun 2021, dihadapan para tokoh masyarakat dan Kepala OPD yang hadir Wabup ingin Kota Selatpanjang menjadi Kota yang Bersih dan Indah serta nyaman bagi siapa saja, untuk itu ia meminta kepada Camat dan OPD terkait mampu mewujudkan itu, bertempat di Halaman Kantor Camat Tebing Tinggi, Selasa (4/2/2020).

Turut hadir dalam kegiatan penajaman dan penyelarasan usulan pembangunan Desa/Kelurahan diwilayah Tebing Tinggi yang diintegrasikan dengan pembagunan daerah diwilayah Kecamatan yang mengacu pada rencana program RKPD Kabupaten.

Kepala Bappeda Meranti Dr. H. Makmun Murod, Wakil Ketua DPRD Meranti Iskandar Budiman, Anggota DPRD Meranti Yushara Lubis, Anggota DPRD Cuncun, Camat Tebing Tinggi Rayan Pribadi SH, Mantan Camat Tebing Tinggi Abdul Hamid S. Th. I MM, Danramil Selatpanjang Mayor Inf. Irwan, Kapolsek Tebing Tinggi Iptu. Aguslan, Kepala Bappeda Meranti Kepala Badan Perpustakaan Meranti Drs. Husni Gamal, Kepala Dinas Sosial Meranti Agusyanto SE M.Si, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Peternakan M. Arif, Kepala Dinas Perikanan Meranti Eldi SE, Kadis Pariwisata Meranti Rizki Hidayat, Kadis PU Meranti H. Herman,Kadis Pendidikan Meranti Drs. Nuriman, Kepala Badan BPMPD Drs. Ikhwani, Kepala Dinas Perkebunan Meranti T. Efendi, Kasatpol PP Meranti Helfandi SE M.Si, Kadisdukcapil Meranti Drs. Hariyandi, Kepala Badan Penanaman Modal Afrizal Darma, Kadis Perhubungan Meranti Dr. Aready dan sejumlah Pejabat Eselon II lainnya, Kabag Humas dan Protokol Meranti Rudi MH, Kabag Kominfo Meranti Wan Fahriarmi, Kabag Ortal Meranti Agustia Widodo, Ketua MKA LAM Meranti H. Ridwan Hasan, Kadis LHK Meranti Drs. Irmansyah M.Si, Para Kades dan Lurah Se-Kecamatan Tebing Tinggi, Perwakilan Kemenkum HAM Selatpanjang, Tokoh Masyarakat/agama, H. Syahril, Anggota BPD dan lainnya.

Dalam pidatonya saat membuka Musrenbang Kecamatan Tebing Tinggi Wabup Meranti H. Said Hasyim, menegaskan dalam kegiatan Musrenbang Kecamatan yang digelar setiap tahun ini harus ada gebrakan yang signifikan baik dari Kecamatan maupun OPD sesuai dengan Tupoksinya masing-masing.

“Kegiatan Musrenbang ini jangan hanya menjadi kegiatan rutinitas tahunan tapi harus ada gebrakan perubahan yang besar baik dari segi pembangunan maupun pelayanan masyarakat,” tegas Wabup.

Baca Juga :  Pujasera Dragon Dan FC 999 Akan Ditutup Pemiliknya,Ratusan Karyawan Terancam Di PHK

Sebagai ibu Kota Kabupaten dari kaca matanya di Kecamatan Tebing Tinggi masih banyak PR besar yang harus dituntaskan, salah satu yang sangat penting adalah penyelesaian masalah sampah yang masih menjadi momok ditungah masyarakat.

Dikatakan Wabup selama kurun waktu 4 tahun terakhir belum ada perubahan dalam hal penanganan dan pengelolaan masalah sampah yang memang dipengaruhi oleh berbagai faktor mulai dari kurangnya kesadaran masyarakat, minimnya sarana prasarana serta anggaran.

Namun jika hal ini dibiarkan berlarut-larit akan menimbulkan efek tak baik bagi kesehatan dan psikologi masyarakat khususnya generasi penerus.

Untuk itu, Wabup memerintahkan kepada Camat sebagai koordinator pembangunan dapat berkoordinasi dengan Desa/Kelurahan serta Dinas terkait untuk bersama-sama mencari solusi cepat dan tepat guna menyelesaikan masalah tersebut.

“Camat sebagai koordinator pembangunan harus dapat mengerahkan semua perangkat yang ada bekerjasama dengan Dinas terkait menuntaskan masalah sampah di Selatpanjang,” perintahnya.

Diakui Wabup untuk masalah sampah ini memang sudah banyak ormas yang ingin mengelola namun Wabup ingin Pemda Meranti dalam hal ini Camat dan Kepala OPD menangani dulu berhasil tidaknya tergantung dari seberapa serius pihak Kecamatan melihat hal ini.

Lebih jauh dikatakan Wabup, dapam Musrenbang Tahun 2021 ini, Pemkab. Meranti masih fokus pada pembangunan Infrastruktur jalan dan jembatan sebagai pembuka isolasi dan mempermudah aksesbilitas. Tebing Tinggi menjadi fokus penghubung antara Kepulauan Meranti dengan Daratan Pulau Sumatera saat ini Pemkab. Meranti telah mengupayakan pengoperasian RoRo dan membangun jalan penghubung namun karena robohnya dermaga dan sesuatu hal pengoperasian RoRo kembali terkendala.

Meski fokus pada pembangunan Infrastruktur fisik yang tak kalah penting menurut Wabup adalah pembangunan Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan.

“Kebijakan masih fokus pada infrastruktur namun kita mencoba menyeimbangkan dengan pembangunan SDM,” jelasnya.

Salah satunya dengan membangun sekolah bermutu dan unggul mulai dari tingkat SD hingga SMA. Sekolah-sekolah yang memiliki fasilitas kurang dan murid sedikit disarankan untuk dilakukan Merger dan dibangun sekolah bermutu.

“Kita tidak perlu sekolah yang banyak yang penting bermutu dan unggul, sehingga masyarakat Meranti tidak perlu lagi menyekolahkan anaknya keluar kota,” ujar Wabup.

Hal ini diyakini juga dapat mengatasi masalah ranking pendidikan anak-anak Meranti yang masin dibawah Kabupaten Kota lainnya di Riau.

Baca Juga :  Gaji Guru Sertifikasi Rp.397 Juta Belum Dibayar Pemda Meranti

Untuk membangun infrastruktur jalan dan jembatan serta SDM melalui peningkatan kualitas pendidiian dan sarana kesehatan bukan hal yang mudah terutama masalah pendanaan. Untuk menggesanya dibutuhkan dana yang besar, jika hanya mengadalkan APBD Kabupaten tentu tidak mungkin untuk itu Wabup juga mendorong OPD untuk terus memperjuangkan dana yang masin mengendap di Pusat dan Provinsi yang tiap tahun semakin turun jumlahnya.

Terakhir Wabup juga meminta kepada Kecamatan dan OPD untuk dapat memanfaatkan potensi yang ada, lahan yang luas yang didukung dengan tanah yang subur menurut Wabup dapat digunakan untuk pengembangan ternak bebek, budidaya ikan dan lainnya.

Sekedar informasi seperti disampaikan Camat Tinggi Rayan Pribadi SH, adapun usulan program prioritas Kecamatan Tebing Tinggi meliputi.

-Kelurahan Selatpanjang Kota : semenisasi jalan dan pembangunan Turap, pembangunan bendungan air, pembangunan Drainase, rehap lantai kantor Kecamatan.

– Kelurahan Selatpanjang Barat : Rehap Mushola Arafidah, Peningkatan Jalan H. Sulaiman, Perbaikan Turap Beton.

– Kelurahan Selatpanjang Selatan : Pembangunan Kantor Lurah, Peningkatan Jalan Rintis, Delima, Sempurna, Drainase Gg. Mawar.

-Selatpanjang Timur : Drainase, Semenisasi Jalan.

-Alah Air : Parit Beton Jalan Kasmin, Parit Beton Mat Teher, Parit Beton Jalan Masjid, Pelantar Beton Belibis, pembangunan 50 rumah layak huni.

– Alah Air Timur : Semenisasi, Parit Beton Jalan Abadi, Rambutan, H. Nurdin, Pembangunan Gedung Paud.

-Desa Sesap : Pembangunan Jalan Sei Datu, Saka Raja, Turap Beton Jakan Tanggul.

-Desa Banglas : Semenisasi Bangkas Ujung, Jalan Bambu Kuning, Pagar Kantor Desa, Drainase Jalan Pelabuhan, Parit Tok Kanse.

-Banglas Barat : Parit Beton Jalan Mahmud, Sedulur, Jalan Gg. Nangka, Peningkatan Jalan Rintis Laut.

Kegiatan Musrenbang Kecamatan Tebing Tinggi tersebut juga dikemas dengan acara pisah sambut dari Camat Tebing Tinggi yang lama Abdul Hamid ke Camat yang Baru Rayan Pribadi.

Pisah sambut ditandai dengan penyerahan cendera mata dari Camat Tening Tingggi yang baru Rayan Pribadi ke Camat lama Abdul Hamid hal yang sama juga dilakukan pada Sekcam Tebing Tinggi.

Dalam kesempatan itu, Camat Tebing Tinggi yang lama Abdul hamid didampingi Sekcam Pahmulyadi dalam sambutannya menyebutkan dirinya bertugas cukup singkat selama 5 bulan di Kecamatan Tebing Tinggi karena mendapat kepercayaan bertugas sebagai Camat di kampung halamannya Merbau.

Baca Juga :  Disambut Wakil Bupati, Atlet SOIna Meranti Diarak Keliling Kota Selatpanjang

Meski hanya bertugas 5 bulan Abdul Hamid merasa mendapat sambutan yang baik dari masyarakat dan aparatur Kecamatan dan Desa. Untuk itu ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kerjasama dan dukunganya selama ini.

Tak lupa ka juga mengucapan permohonan maaf jika ada sesuatu yang kurang berkenan selama bertugas sebagai Camat Tebing Tinggi.

“Kami juga mohon doa dari masyarakat dan petunjuk dari Wakil Bupati agar dapat menjalankan tugas dengan baik ditempat yang baru,”

Selanjutnya Abdul Hamid meminta kerjasama dan kekompakan yang sudah terjalin baik di Kecamatan Tebing Tinggi dapat terus terbina agar tercipta sinergitas menjalankan tugas dalam mewujdkan visi dan misi Kecamatan dan Meranti secara umum.

Sementara itu Camat Tebing Tinggi Rayan Pribadi SH didampingi Sekcam Kurniawan Hadi Putra dalam sambutannya berharap dukungan dan kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat dibantu seluruh SKPD untuk menuntaskan berbagai persoalan yang cukup berat di ibu kota Kabupaten itu.

Salah satu yang priorotas adalah masalah Kamtibmas, Pengelolaan Sampah, Narkoba, Infrastruktur dan lainnya.

“Kami tidak akan dapat bekerja dengan baik tanpa dukungan semua pihak, semoga berkat dukungan itu kami bisa menuntaskan semua kerja berat yang telah dibebankan,” ucap Rayan.

Selanjutnya Camat Rayan juga mengucapkan terima kasih kepada Camat lama Abdul Hamid atas pengabdian selama ini di Kecamatan Tebing Tinggi.

Iapun komit melaksanakan semua arahan dari Wakil Bupati yang berpesan bahwa Camat harus mampu dan mengerti serta menghayati apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Sebagai ibu kota kabupaten tentu banyak persoalan yang hanya bisa dituntaskan secara bersama-sama dan kebersamaan dengan semua pihak harus terus dijalin.

Wabup juga berharap kepada Abdul Hamid sebagai putra asli Pulau Padang untuk dapat membawa Kecamatan Merbau lebih baik lagi kedepan.

Kegiatan Musrenbang Kecamatan Tebing Tinggi yang berlangsung aman dan lancar ditutup dengan acara makan bersama antara jajaran Pemerintah Kabupaten Meranti dan perwakilan masyarakat yang hadir.(Rls)

Sumber : Humas Pemkab Meranti

Editor : Agus Salim.Hs

aaaaaaaa

Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses