Sitename

Description your site...

April 2, 2020

Usai Salat Id,Wapres JK Serahkan Hewan Kurban ke Masjid Istiqlal

Usai Salat Id,Wapres JK Serahkan Hewan Kurban ke Masjid Istiqlal

Usai Salat Id,Wapres JK Serahkan Hewan Kurban ke Masjid Istiqlal

Foto : Wapres JK serahkan hewan kurban. (Faiq Hidayat/detikcom).

Jakarta,TiraiPesisir.Com – Setelah Salat Idul Adha, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyerahkan hewan kurban sapi Ongole Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. JK mengatakan, hewan kurban diserahkan untuk warga yang berhak.

Secara simbolis, hewan kurban diserahkan JK kepada kepada Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin. Hewan-hewan kurban itu diserahkan atas nama Presiden Joko Widodo dan JK.

“Bersama ini saya menyerahkan kepada Dirjen untuk diteruskan kepada pengurus Masjid Istiqlal untuk menjadi hewan kurban atas nama presiden dan wapres untuk dibagikan kepada yang berhak, umat Islam yang berhak,” ujar JK.

Hal tersebut dia sampaikan saat menyerahkan hewan kurban di Masjid Istiqlal, Jumat (1/9/2017). JK berharap agar hewan-hewan kurban yang diserahkannya itu dapat bermanfaat untuk banyak pihak sebagai makna dari pengorbanan. Baik demi umat maupun bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Kadis PMD,Drs.Ismail.MP : 96 Desa di Kab. Bengkalis Akan Laksanakan Pilkades

Sementara itu, Kepala Protokol Masjid Istiqlal Ustad Abu Hurairoh menyatakan sapi yang diberikan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla berjenis Ongole. Sapi milik Jokowi dengan berat 1,5 ton berusia 8 tahun, sedangkan sapi milik JK mempunyai berat 1,3 ton berusia 7 tahun. Kedua sapi didatangkan dari Tuban, Jawa Timur.

“Baik jadi untuk sapi bapak presiden dan bapak wakil presiden yang diserahkan pada Masjid Istiqlal pada salat Id hari ini adalah sapi lokal dengan jenis sapi Ongole. Terpaut 200 kg,” ujar Abu Hurairoh dalam kesempatan yang sama.

Menurut Abu Hurairoh, hewan kurban yang tercatat di Masjid Istiqlal berjumlah 27 ekor sapi dan 26 ekor kambing. Ia memperkirakan ada sekitar 4.000 kantong daging yang akan dibagikan untuk warga.

Baca Juga :  Berantas Narkoba,Polres Meranti Lakukan Tes Urine

“Tahun lalu lebih banyak sekitar 32. Kami tahun lalu mendapat 6.000 kantong, artinya 6.000 KK yang dapat menikmati. Kami perkirakan tahun ini menurun sedikit sekitar 4.000 kantong,” kata dia.

Kemudian, Abu mengatakan seluruh hewan kurban akan disembelih pada sore hari ini. Setelah itu, pihak Masjid Istiqlal akan mendistribusikan daging hewan kurban untuk warga pada malam harinya.

Usai Salat Id, Wapres JK Serahkan Hewan Kurban ke Masjid IstiqlalFoto: Wapres JK serahkan hewan kurban. (Faiq Hidayat/detikcom).

“Penyembelihan hewan kurban kan biasanya selepas salat Isya. Tahun ini kami mencoba selepas salat Ashar, dengan harapan pukul 20.00 WIB dan 21.00 WIB malam bisa didistribusikan ke masyarakat, artinya daging kurban bisa lebih fresh dibanding,” jelas Abu.

Baca Juga :  Mendikbud Akan Hapus Ujian Nasional 2017...!!!

Dia menambahkan, proses distribusi daging akan diserahkan langsung ke rumah warga Kelurahan Gambir dan Sawah Besar. Saat ini Masjid Istiqlal tak menerapkan kupon untuk warga karena untuk menghindari antrean. Warga yang mendapatkan daging sudah dilakukan survei bagi warga yang tidak mampu.

“Kalau beberapa tahun lalu masyarakat di sini mengantre mendapat kupon, sekarang dibalik. Kami panitia Masjid Istiqlal yang akan mendatangi langsung ke masyarakat,” tuturnya.

“Tentunya masyarakat yang diprioritaskan adalah warga yang tetangga langsung dengan Masjid Istiqlal, yang rumahnya paling dekat dengan Istiqlal,” sambung Abu mengakhiri.(red)
Sumber Berita : detikcom

aaaaaaaa

Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses