Sitename

Description your site...

April 9, 2020

Upaya Dekranasda Labuhanbatu Tingkatkan Kualitas Pengrajin

Upaya Dekranasda Labuhanbatu Tingkatkan Kualitas Pengrajin
Ketua Dekranasda Kabupaten Labuhanbatu,Hj Siti Awal Pangonal Harahap Melihat Produk Hasil Kerajinan Tangan Pengrajin Labuhanbatu Pada Pameran Produk Kerajinan Inacraft 2018 di Jakarta Convention Center. (Foto : Okta)

JAKARTA,TIRAIPESISIR.COM – Upaya Dekranasda Labuhanbatu dibawah Pimpinan,Hj.Siti Awal Siregar selaku Ketua, terus digulirkan. Berbagai usaha dilakukan untuk mendapatkan posisi terbaik dimata masyarakat Labuhanbatu khususnya dan Indonesia umumnya,bahkan Internasional secara prospek yang lebih luas.

Hal itu terlihat dari keikutsertaan Dekranasda Labuhanbatu memamerkan sekaligus memasarkan Produk Kerajinan Masyarakat Labuhanbatu dibawah Binaan Dekranasda Labuhanbatu dalam ajang Pameran Produk Kerajinan Internasional terbesar di Tanah Air, bahkan di Asia Tenggara yakni Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2018 untuk yang ke 20 kalinya,bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) dari Tanggal 25 hingga 29 April 2018,diikuti sebanyak 1.395 peserta dari seluruh Pelosok Tanah Air dan terdiri dari para Pengrajin,Pengusaha,Produsen dan Eksportir Kerajinan,serta beberapa Negara Sahabat.

Baca Juga :  Nazaruddin Sebut Nama 2 Bupati di Riau ini dalam Sidang Korupsi E-KTP

Tentang hal ini,Ketua Dekranasda Kabupaten Labuhanbatu Hj Siti Awal Pangonal Harahap kepada Wartawan saat ditemui di Hall B Nomor 286 – 287 JCC yang merupakan Stand Pemkab Labuhanbatu pada ajang bergengsi tersebug,Rabu (25/4/2018) lalu menjelaskan,bahwa dalam ajang Pameran Produk Kerajinan INACRAFT 2018 ini,Dekranasda Kabupaten Labuhanbatu berupaya untuk meningkatkan kualitas Pengrajin Labuhanbatu.

Menurut Siti Awal,dengan hadirnya Labuhanbatu mengikuti ajang Pameran Produk Kerajinan tersebut, selain berusaha memamerkan dan menjual serta memasarkan Hasil Kerajinan dari Labuhanbatu, juga ingin mengetahui serta melihat Hasil Kerajinan daerah lain. Sehingga,dapat melahirkan inovasi dan membuat motivasi bagi Pengrajin Labuhanbatu.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu ini juga menambahkan,bahwa pada pameran ini Dekranasda beserta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Labuhanbatu berkeingin mewujudkan Batik Hasil Produksi Pengrajin dapat lebih dikembangkan,serta berharap mendapat perhatian khusus dari para pengunjung maupun pengusaha untuk membeli dan menjual Hasil Kerajinan Batik maupun Kain Songket Labuhanbatu yang tidak kalah bagusnya dengan Daerah lain.

Baca Juga :  Masyarakat Desa Se-Kecamatan Bilah Hulu Apresiasi Komunitas Sanggar Senam Daeli

Pihaknya juga mengatakan,banyak yang istimewa ditampilkan Labuhanbatu pada ajang INACRAFT 2018 tersebut,selain Hasil Kerajinan Batik dan Songket, juga Kerajinan Koran Bekas, Tepak Sirih dari Kulit Siput,Sapu Lidi Hias,kerajinan dari Acrilik,Batok Kelapa,Batik Tanwin dan Pisau Sangkur yang semuanya merupakan Hasil Kerajinan dari Pengrajin Labuhanbatu dibawah Binaan Dekranasda bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Labuhanbatu.

Sementara itu,senada dengan Dekranasda,Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Kepala Disperindag Labuhanbatu Patindoan Situmorang bersama Kaban Litbang Hobol Zulkifli Rangkuti terkait hal ini mengutarakan,melalui Pameran Produk Kerajinan INACRAFT 2018 yang langsung dibuka oleh Wakil Presiden RI Yusuf Kala,Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu coba memasarkan Produk Kerajinan Karya Pengrajin Labuhanbatu.

Baca Juga :  Bawaslu Riau Raih Inovasi Pengawasan Pemilu Terbaik Se- Indonesia

“Hasil Kerajinan seperti ini kiranya dapat dikembangkan,sehingga dapat mewarnai setiap Hasil Kerajinan di mata Nasional maupun Internasional. Tentunya,hasil semua itu dapat menambah dan meningkatkan Pendapatan Keluarga masyarakat atau para Pengrajin Labuhanbatu. Sehingga kedepan,kita berharap dengan terpasarkannya hasil Kerajinan tersebut,kebutuhan Keluarga dapat sedikit terbantu,bahkan dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD),”ujar Patindaon Situmorang. (Okta/Putra)

aaaaaaaa

Bagikan berita ini
Tags:
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses