Sitename

Description your site...

April 4, 2020

Tinur Bulan Harahap : IVA Test Bagi Wanita Produktif Akan Rutin Dilaksanakan

Tinur Bulan Harahap : IVA Test Bagi Wanita Produktif Akan Rutin Dilaksanakan
Kadis Kesehatan Labuhanbatu Tinur Bulan Harahap,SKM.,M.Kes. (Foto : Okta)

RANTAUPRAPAT,TIRAIPESISIR-Program Kesehatan yang digalakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dibawah Koordinasi,Hj.Siti Awal Siregar selaku Ketua,bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Labuhanbatu dibawah pimpinan Tinur Bulan Harahap,SKM M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu yakni Pelaksanaan Program IVA (Inpeksi Visual Asam Asetat) Test bagi Wanita Produktif di Kabupaten Labuhanbatu akan terus digalakan tahap demi tahap dengan secara bergantian per Kecamatan.

Demikian dikatakan Kadis Kesehatan Labuhanbatu,Tinur Bulan Harahap,SKM.,M.Kes kepada Wartawan saat disambangi di Ruang Kerjanya,Jumat (6/4/2018) Sore.

Tinur Bulan juga mengatakan,pihaknya dengan PKK Labuhanbatu sebelumnya telah melakukan Kegiatan Lomba IVA Test pada bulan lalu yang sudah menjadi salah satu Program Pokok Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu. “Namun sebelumnya,juga sudah dilaksanakan Sosialisasi atau Penyuluhan kepada masyarakat khususnya bagi Wanita di Kabupaten Labuhanbatu,”jelasnya.

Baca Juga :  Plt.Bupati H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST.MT MTQ Ke-48 Dan Festival Rantauprapat Harus berjalan lebih baik

Kadis Kesehatan ini juga menambahkan,Penyuluhan IVA Test tersebut bertujuan agar Perempuan yang telah Menikah dan telah melakukan Aktivitas Seksual dapat memeriksakan Kesehatan Kewanitaannya terutama terhadap Kesehatan Leher Rahim/Serviks guna mencegah terjadinya Kanker Leher Rahim, serta Penyakit Kelamin Atau Reproduksi Wanita, seperti HIV, AIDS dan lainnya.

“Dari hasil Penyuluhan yang dilakukan telah membuahkan hasil yang baik ditandai dengan banyak partisipasi warga atau ibu – ibu yang mau memeriksakan Kesehatan Kewanitaannya, sementara Pemeriksaan IVA Test tersebut dilaksanakan atas swadaya dari masyarakat sendiri”, sebutnya.

Lebih lanjut Tinur Bulan menjelaskan,bahwa IVA Test adalah Pemeriksaan Leher Rahim (Serviks) dengan cara melihat langsung melalui Mata Telanjang Leher Rahim setelah memulas Leher Rahim dengan Larutan Asam Asetat 3 sampai dengan 5%, dimana dengan cara ini dapat mendeteksi Kanker Rahim sedini mungkin.

Baca Juga :  Kecamatan Rantau Utara Juara Umum MTQN Ke XLVII Dan Festival Nasyid Ke XXXII

“IVA Test merupakan Pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi Kanker Leher Rahim dan juga Skrining Alternatife dari Pap Smear, karena biasanya lebih murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat dilakukan oleh Tenaga Kesehatan selain Dokter Ginekologi”, jelas Kadis Kesehatan.

Menurutnya, Program tersebut juga merupakan Program Kerja Ibu Negara yaitu Ibu Iriana Joko Widodo yang mengharuskan Wanita Produktif Indonesia harus melakukan Pemeriksaan IVA Test, mengingat Kanker Serviks merupakan Penyebab Kematian nomor 2 pada Wanita setelah Kanker Payudara. Dan Payung Hukum pelaksanaannya adalah Permenkes No. 29 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2015 Tentang Penanggulangan Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim.

Baca Juga :  Simpang Pardamean Sirandorung Rantauprapat Digasak Sijago Merah

Dengan tujuan, Peningkatan Kualitas Kesehatan Wanita yang dilaksanakan melalui Kegiatan IVA test ini diharapkan dapat menekan angka Kematian Akibat Kanker Serviks, Deteksi Dini Kanker Serviks dengan melaksanakan Kegiatan Sosialisai dan Penggerakan Masyarakat, urai Tinur Bulan.

“Untuk itu, sebagai upaya mendukung Program Tim Penggerak PKK Labuhanbatu dan Ibu Negara Iriani Joko Widodo, maka Dinas Kesehatan Labuhanbatu akan melaksanakan IVA Test secara bertahap dan dilaksanakan per Kecamatan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu. Dengan terlebih dahulu mengutamakan pelaksanaannya bagi Wanita Produktif dan Anggota PKK Labuhanbatu”, sebut Tinur Bulan mengakhiri Wawancara Wartawan. (Okta)

aaaaaaaa

Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses