Sitename

Description your site...

Oktober 31, 2020

Tingkatkan Pertumbuhan Sapi Ternak,DPPKP Gelar UPSUS SIWAB di Desa Banglas

Tingkatkan Pertumbuhan Sapi Ternak,DPPKP Gelar UPSUS SIWAB  di Desa Banglas

loading…


SELATPANJANG – Untuk meningkatkan pengembangbiakan sapi di Kepulauan Meranti, Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) melaksanakan program gerakan serentak upaya khusus sapi induk wajib bunting ( UPSUS SIWAB). Kegiatan itu dimulai di peternakan sapi warga di Desa Banglas Kecamatan Tebingtinggi, Selasa (15/11/2016) “Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota se-Riau, bahkan sudah se-Indonesia. Hari ini kita sudah melaksanakannya di Desa Banglas Kecamatan Tebingtinggi,” ungkap Kasi Pengembangan Ternak DPPKP Ifwandi.

Dikatakannya, jumlah pertumbuhan sapi di Kabupaten Kepulauan Meranti pada sembilan kecamatan antara lain; sapi betina produktif dari umur 2-8 tahun sebanyak 2. 191 ekor. Dari jumlah itu untuk akseptor IB berjumlah sebanyak 234 ekor, aseptor kawin alam sebanyak 878 ekor, dan untuk pejantan kawin alam sebanyak 1.079 ekor. “Kita sangat apresiasi sekali pertumbuhan sapi di daerah kita ini hal ini. Untuk itulah kita perlu juga mensosialisasikan dan terjun kelapangan agar masyarakat peternak mengikuti program sapi induk wajib bunting (SIWAB) ini,” tambah Ifwandi.

Baca Juga :  Proses Hukum Kasus Impor Bakso Ikan Illegal,Nunggu Riks Ahli Karantina

Kegiatan tersebut, sambung dia, akan berkelanjutan sampai ke desa-desa. Dengan program ini diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ternak sapi sehingga meningatkan perekonomian masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Produksi Pakan Ternak (PPT) Dinas Peternakan Provinsi Riau, Syahrial, mengatakan animo masyarakat untuk beternak sapi sangat tinggi sekali.  “Dan hari ini kita melaksanakan gerakan nasional tentang program sapi induk wajib bunting (SIWAB) agar dapat pertumbuhan sapinya berkala. Oleh karenanya, kami bersama rombongan DPPKP Kabupaten Meranti terjun ke lapangan langsung untuk melihat kondisi ternak sapi yang ada di Meranti ini,” ungkap Syahrial.

Baca Juga :  Berantas Pungli,Bupati Panggil Plt Sekda dan Kepala Inspektorat

Dan kedepannya, Ia pun mengharapkan perkembangan sapi di Meranti ini bertambah dan meningkat. “Kami juga akan memprogramkan pelatihan untuk kelompok tani peternak sapi se-Riau. Semoga kita bisa swasembada daging sapi ini ke depannya,” harapnya Syahrial.(Dame)

Pimpinan Umum/Pimpinan Redaksi/Pengjab : Zainuddin,Hs,S.Ag

 

 

 

loading…


Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses