Sitename

Description your site...

Oktober 27, 2020

Sidang Paripurna DPRD Bengkalis : P-APBD Kabupaten Bengkalis 2016 Rp 4.056 Miliar

Sidang Paripurna DPRD Bengkalis : P-APBD Kabupaten Bengkalis 2016 Rp 4.056 Miliar

loading…


BENGKALIS,TiraiPesisir.Com – Setelah menandatangani nota kesepakatan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Perubahan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (KUPA PPAS ABPD) 2016,Bupati Bengkalis Amril Mukminin,Selasa (15/11/2016) sekitar pukul 15.59 WIB langsung menyampaikan nota keuangan Perubahan APBD 2016 di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis.

Penyampaian nota keuangan Perubahaan APBD 2016,bersamaan dengan penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pemilihan Kepala Desa dan Ranperda Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Sidang paripurna dipimpin Ketua DPRD Heru Wahyudi didampingi Wakil Ketua DPRD Bengkalis Zulhemi,dihadiri 31 anggota DPRD Bengkalis. Turut hadir Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis Arianto dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sebagaimana disampaikan pada penandatangan nota KUPA PPAS APBD, dilantai II Kantor Bupati Bengkalis, disebutkan total rancangan perubahan APBD Kabupaten Bengkalis tahun anggaran 2016 adalah sebesar Rp 4.056 miliar lebih atau berkurang sebesar Rp 422,345 miliar dari sebelumnya sebesar Rp 4,478 triliun.

Secara umum posisi pendapatan daerah,belanja daerah dan pembiayaan daerah dalam nota kesepakatan KUPA PPAS tahun 2016, meliputi Pendapatan Daerah mengalami penurunan sebesar Rp 216,9 miliar dari sebelumnya sebesar Rp 4 triliun menjadi Rp 3,789 triliun.

Penurunan pendapatan ini berasal dari menurunnya dana perimbangan yang bersumber dari bagi hasil sebesar Rp 260,3 miliar dan peningkatan pada lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp 30,8 miliar serta Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 12,583 miliar.

Baca Juga :  Iwan Setiawan Kembali ke Borneo FC Dilepas Kepala Perwakilan Provinsi Sumatera Utara TIRAIPESISIR.COM di Medan

Begitu juga dengan belanja daerah mengalami perubahan dari sebelumnya sebesar Rp 4,478 triliun menjadi Rp 4,056 triliun,atau turun sebesar Rp 422,34 miliar. Terdiri dari penurunan belanja tidak langsung sebesar Rp 40,085 miliar dan belanja langsung sebesar Rp 382,25 miliar.

Selanjutnya, pembiayaan daerah mengalami perubahan yang bersumber, dari penerimaan pembiayaan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) sebesar Rp 280,38 miliar. Pengeluaran pembiayaan daerah mengalami perubahan dari Rp 9,37 miliar mengalami perubahan menjadi Rp 13,712 miliar atau meningkat sebesar Rp4,339 miliar.

Melalui perubahan APBD tahun anggaran 2016 ini kami berharap pelaksanaan program dan kegiatan akan berjalan maksimal sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah karena bagaimanapun sampai saat ini investasi pemerintah dalam bentuk program dan kegiatan masih sangat dominan dalam perekonomian Kabupaten Bengkalis,”ungkap Amril Mukminin. (Red/Feri)

Bupati Bengkalis,Amril Mukminin pada sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis,Selasa (15/11/2016) menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pemilihan Kepala Desa
serta Ranperda Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. Sidang paripurna dipimpin Ketua DPRD Heru Wahyudi didampingi Wakil Ketua DPRD Bengkalis Zulhemi, dihadiri 31 anggota DPRD Bengkalis. Turut hadir
Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis Arianto dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Baca Juga :  Polri Tak Koordinasi Status Ahok ke KPU,Kapolri : Ini Domain Pidana

Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis Nomor 7 tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa merupakan bentuk responsibilitas Pemerintah Kabupaten Bengkalis terkait dengan Keputusan Mahkamah Konsitusi Nomor 128/PUU-XIII/2015 yang menetapkan salah satunya ketentuan mengenai persyaratan calon kepala desa. Selain itu, melalui surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 140/3478/SJ tanggal 14 September 2016 mengarahkan agar peraturan daerah segera menyesuaikan dengan memuat persayaratan tambahan dengan memperhatikan kearifan lokal.

Berdasarkan ketentuan dalam pasal 38 ayat (2) Undang-Undang Nomor 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, dalam keadaan tertentu diperbolehkan pengajuan rancangan peraturan daerah di luar Program Legislasi Daerah (Prolegda). Sementara berkenaan dengan Renperda Pengangkatan Dan Pemberhentian Perangkat Desa, merupakan amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 83 tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, yang memerintahkan untuk membuat peraturan daerah paling lambat satu tahun setelah peraturan tersebut ditetapkan. “Pemilihan kepala desa serentak semula akan dilaksanakan dalam tahun 2016, tetapi karena adanya dinamika yang berkembang mulai dari tingkat desa, daerah dan nasional sebagaimana yang sampaikan tadi, maka jadwal pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak perlu disesuaikan kembali,”ungkap Amril Mukminin.

Baca Juga :  Wabup Kepulauan Meranti,Drs.H,Said Hasyim : Meranti Peserta KB Terbanyak di Riau

Selanjutnya, Ranperda ini erat terkaitannya dengan  pengisian susunan organisasi dan tata kerja pemerintah desa yang harus disesuaikan, denganPermendagri nomor 84 tahun 2015 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja
Pemerintah Desa yang akan ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati yang saatini juga dalam proses penyusunan, yang akan diterapkan secara efektif pada tahun 2017.

Peran perangkat desa sebagai unsur staf yang membantu kepala desa dalam penyusunan kebijakan dalam pelaksanaannya memiliki peran sangat penting, dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan dan maksimalnya pelayanan kepada masyarakat di desa.

Pemkab Bengkalis berharap Ranperda dimaksud dapat segera dibahas bersama dan ditetapkan menjadi peraturan daerah, yang akan menjadi pedomanpemerintah desa dalam mengisi formasi perangkat desa secara baik dan
berkualitas. “Kita semua berharap pembahasan bersama Komisi dan Banggar nantinya dapat lebih fokus, lebih efektif dan efisien sehingga Perubahan APBD ini dapat ditetapkan sesegera mungkin. Hal ini penting mengingat tahun anggaran 2016 hanya menyisakan waktu kurang dari dua bulan lagi,”tandas Amril Mukminin. (Red/Feri)

Penulis : Ferizal

Pimpinan Redaksi : Zainuddin,Hs,S.Ag

loading…


Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses