Sitename

Description your site...

Oktober 23, 2020

Serahkan BSB PKH, Bupati Ingatkan Masyarakat Tidak Pasrah Dengan Kondisi Ekonomi Sulit

Serahkan BSB PKH, Bupati Ingatkan Masyarakat Tidak Pasrah Dengan Kondisi Ekonomi Sulit

loading…


MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan melakukan penyerahan secara simbolis penyaluran Bantuan Sosial Beras (BSB) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Jalan Tanjung Harapan, Kelurahan Selatpanjang Kota, Kecamatan Tebing Tinggi, Rabu (7/10/2020).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala
Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A), Agusyanto Bakar, Camat Tebingtinggi, Rayan Pribadi, Kepala Bagian Kesra, Abu Hanifah dan Kepala Bagian Humas dan Protokol, Rudi Al Hasan serta lurah dan kepala desa se Kecamatan Tebing Tinggi.

Camat Tebing Tinggi, Rayan Pribadi dalam sambutannya mengatakan sejatinya beras akan disalurkan pada Jum’at lusa, namun dipercepat karena beras sudah siap dibongkar dari kapal.

“Jadwal yang telah ditetapkan oleh dinas sosial bahwa penyaluran beras PKH untuk Kecamatan Tebing Tinggi itu dijadwalkan hari Jumat lusa. Alhamdulillah kami dapat informasi dari koperasi penyalur bahwa beras PKH untuk Kecamatan Tebing Tinggi hari ini sudah dapat dibongkar dari kapal dan siap dibagikan,” kata Rayan.

Dikatakan untuk Kecamatan Tebing Tinggi ada sebanyak 2.676 penerima. Dimana setiap KPM akan mendapatkan 45 kilogram yang diakumulasikan selama tiga bulan.

“Untuk wilayah Kecamatan Tebing Tinggi tadi sudah kami hitung kebutuhannya sebanyak 120 ton lebih yang akan dibagikan kepada 2.676 KPM. Bantuan beras ini sebanyak 45 kilogram akumulasi dari 3 bulan berturut-turut dimana pemerintah pusat memberi bantuan sebanyak 15 kilo beras kepada KPM setiap bulannya,” ujar Rayan.

Baca Juga :  Turap Pelabuhan Camat Selatpanjang Ambruk Untuk Ke Empat Kalinya

Sementara itu, Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan mengatakan bantuan ini diberikan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat dalam menghadapi kondisi ekonomi yang sulit.

“Dalam keadaan yang sulit seperti ini pemerintah tiada henti-hentinya memberikan perhatian kepada masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Kepulauan Meranti khususnya masyarakat untuk membantu penguatan ekonomi keluarga dalam rangka memperkuat program pemulihan ekonomi nasional dengan memberikan bantuan beras yang hari ini disalurkan sekali untuk 3 bulan,” kata Irwan.

Disampaikan Bupati, bantuan yang disalurkan ini juga untuk mengantisipasi kerawanan pangan yang terjadi ditengah pandemi Covid-19. Untuk itu diharapkan masyarakat untuk terus menjaga kesehatan agar tidak tertular virus berbahaya tersebut.

“Program ini secara terus-menerus dilakukan pemerintah dalam rangka mengantisipasi terjadinya kerawanan pangan, kenapa pemerintah melakukan program seperti ini untuk mengantisipasi kerawanan pangan sebagaimana kita ketahui bersama bahwa saat ini seluruh dunia termasuk kita disini sedang melawan covid-19 yang masif melanda seluruh dunia dan kita di Kepulauan Meranti juga tidak terlepas dari bahaya itu semua. Oleh karena itu saya sebagai kepala daerah mengharapkan Kepada seluruh masyarakat Kepulauan Meranti untuk dapat menjaga kesehatan kita dan keluarga masing-masing,” ujarnya.

Baca Juga :  Wabup Meranti,Said Hasyim Bersama OPD Buka Puasa Bersama di Desa Tanjung Peranap

Untuk bantuan beras ini seluruh KPM di Kepulauan Meranti tercatat ada sebanyak 14 ribu lebih penerima. Selain itu Pemkab Kepulauan Meranti juga menyediakan Beras Cadangan Pemerintah (BCP) yang saat ini tersedia di gudang Dinas Sosial.

“Oleh karena itu, dalam rangka untuk menghindari krisis ekonomi yang bisa membahayakan kita semua makanya pemerintah memberikan bantuan untuk menguatkan ekonomi keluarga kita. Disamping beras program PKH, Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Meranti juga menyiapkan beras cadangan pemerintah Karena kami tahu tidak semua masyarakat yang kurang mampu yang mungkin mendapat bantuan ini jadi kalau ada nanti masyarakat yang memang sedang kesusahan di bidang ekonomi itu mungkin perlu bantuan semacam ini. Untuk itu kepada Kepala Dinas Sosial agar segera bertindak untuk membantu masyarakat jangan sampai ada masyarakat kita yang kesulitan ditengah tengah himpitan ekonomi yang sedang melanda dunia saat ini,” ujar Irwan.

Selain memberikan bantuan stimulus, Pemkab Kepulauan Meranti juga
berupaya membantu permodalan kepada masyarakat umum dan UKM untuk bisa mengusahakan kegiatan ekonomi dalam skala kecil dengan bantuan modal pinjaman tanpa bunga dari perusahaan.

“Kita harus terus berusaha bagaimana ekonomi di Meranti ini terus bergerak dan jangan sampai membuat kemiskinan semakin bertambah di Kabupaten ini. Selain bantuan stimulus ekonomi yang terus digalakkan, saat ini kita juga berupaya membantu permodalan kepada masyarakat umum dan UKM untuk bisa mengusahakan kegiatan ekonomi dalam skala kecil dengan memberikan bantuan modal pinjaman tanpa bunga dari PT Timah untuk bisa menggerakkan ekonomi rakyat kecil di Kepulauan Meranti,” ujarnya.

Baca Juga :  BPBJ Meranti Gelar Bimtek Perencanaan Pengadaan melalui Aplikasi SIRUP, ini Penjelasan Sekda Meranti

Bupati juga mengatakan, dalam keadaan ekonomi yang sulit seperti saat ini, masyarakat diminta untuk tidak pasrah. Karena menurutnya jika kondisi ekonomi tidak berputar, maka
akan berdampak terhadap terganggunya ketertiban dan keamanan masyarakat.

“Kita tidak boleh pasrah karena ekonomi dunia sedang sulit dan ekonomi nasional memasuki resesi. Tapi kita di Meranti harus bisa bertahan bagaimana caranya ekonomi di Selatpanjang ini bisa berputar sehingga kalau ekonomi kita berputar tentu masyarakat kita masih bisa menjaga keamanan dan ketertibannya. Seandainya ekonomi kita disini tidak berjalan akan berdampak terhadap terganggunya ketertiban dan keamanan masyarakat karena ekonomi dengan keamanan dan ketertiban itu ada hubungannya. Seperti contoh, kalau seandainya orang tidak bisa berusaha atau ekonominya macet tentu akan banyak sekali terjadi pencurian dan
akan banyak sekali ancaman-ancaman lain,” pungkasnya.(B015/09)

Editor : Agus Salim Hs

loading…


Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses