Sitename

Description your site...

April 2, 2020

Sensus Penduduk 2020, BPS Meranti Gelar Rapat Koordinasi Se-Kecamatan Tebing Tinggi

Sensus Penduduk 2020, BPS Meranti Gelar Rapat Koordinasi Se-Kecamatan Tebing Tinggi

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Meranti menggelar Rapat koordinasi Kecamatan Bersama Kelurahan dan Desa Se Kecamatan Tebingtinggi dalam rangka sensus penduduk 2020 pada Selasa (25/2/2020) bertempat di aula Kantor Camat Tebingtinggi.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk melakukan pendataan atau sensus penduduk yang dilakukan selama 10 tahun sekali.

“Kegiatan ini adalah pertemuan seluruh perangkat kecamatan, desa serta kelurahan yang ada di Tebingtinggi untuk melakukan sensus secara online,” ungkap Camat Tebingtinggi Rayan Pribadi SH.

Rayan mengatakanmelalui sensus ini akan dilakukan keseragaman dan upgrade data penduduk terkhusus yang ada di Kecamatan Tebingtinggi.

“Kita ingin ada keseragaman data baik di pilkada, pileg, serta dari instansi mana saja sehingga data ini menjadi patokan. Selain itu juga secara umum di Meranti pendataan ini juga berguna untuk memetakan kebijakan di daerah kemudian sebaran daerah yang padat,” tutur Rayan.

Baca Juga :  Dedi Putra,Hadiri Penyerahan Bantuan Logistik Kepada Korban Kebakaran

Rayan menghimbau agar seluruh masyarakat di Kecamatan Tebingtinggi turut aktif dalam mengisi data secara online melalui website yang telah dosiapkan oleh pihak BPS. “himbauan kita kepada masyarakat aktif untuk menyampaikan saudaranya karena penting untuk berpartisipasi melakukan update data kependudukan ini,” ujarnya.

Dirinya juga berharap agar Kecamatan Tebingtinggi bisa menjadi yang tercepat dalam menyelesaikan pendataan, mengingat kondisi jaringan yang baik di daerah perkotaan Selatpanjang.

“Kita tidak mau yang paling lambat karena dalam kota jaringan juga bagus. Kalau kita lama malu kita.” Tegas Rayan.

Dirinya juga mengatakan setelah proses pendataan secara online, tim dari BPS juga akan turun secara langsung ke masyarakat untuk melakukan pendataan.

Baca Juga :  Polres Meranti Amankan 13 Tan Kayu Illog Tanpa Pemilik

Hal ini mengingat kemungkinan masih banyak warga yang belum terdata karena data yang terkahir per Juni 2019. “Yang belum per Juni 2019 belum terdaftar untuk segera nanti melapor melalui Disdukcapil, atau bisa melalui pihak kita dan akan kita bantu pengurusannya,” ujar Rayan.

Dirinya juga mengatakan melalui sensus penduduk ini berkemungkinan untuk dimanfaatkan oknum-oknum lain yang tidak bertanggung jawab, apalagi mendekati proses Pilkada.

“Kalau bukan dari petugas resmi meminta data tidak usah dilayani.” Tegas Rayan.

Sementara itu koordinator statistik kecamatan tebing tinggi BPS Kepulauan Meranti Fred Jumawa SE mengatakan warga bisa melakukan pengisian data melalui website sensus.bps.go.id.

Baca Juga :  Mantap, Dinas Kesehatan dan BPKAD Meranti Naik Kelas Menjadi Tipelogi A

“Di sana nantinya kita akan diarahkan untuk membuat data diri kita dan membuat pasword,” ujarnya

Selain itu bagi masyarakat juga bisa mengupdate datanya secara langsung melalui website tersebut apabila ada yang di rasa kurang.

Fred Jumawa SE juga mengatakan agar masyarakat tidak usah khawatir karena data-data yang dimasukan melalui website tersebut akan rahasia.

“Jadi jangan khawatir karena sata-data itu tersimpan secara rahasia sesuai dengan undang-undang kependudukan,” ujarnya lagi.

Untuk sensus secara online sudah mulai dilakukan dan berakhir pada 31 Maret 2020. Setelah melakukan pendataan secara onlinepivak BPS juga akan melakukan sensus secara langsung kepada masyarakat pada bulan berikutnya.(B015/09)

Editor : Agus Salim.Hs

aaaaaaaa

Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses