Sitename

Description your site...

September 27, 2020

Potensi Ikan Hias Arwana di Desa Semitau Hulu Sungguh Sangat Menjanjikan

Potensi Ikan Hias Arwana di Desa Semitau Hulu Sungguh Sangat Menjanjikan
Foto : Rella/B03/09/tiraipesisir.com

loading…


SEMITAU HULU,TIRAIPESISIR.COM-Bagi penggemar Ikan Hias,mendengar nama Ikan Hias Arwana (Siluk) mungkin tidak asing lagi bagi kita,di Desa Semitau Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu inilah Budidaya dan Penangkaran Ikan Hias ini dilakukan.

Wan Arif Hermansyah selaku Pembudidaya dan Pemilik Kolam Ikan Hias Arwana di Desa Semitau Hulu menjelaskan,banyak pelanggan yang datang kesini untuk membeli Ikan Hias,ada koko-koko kalau bukan ikan dari sini beliau tidak mau beli.

“Banyak pengusaha dan perkolaman,tapi tetap aja Ikan saya yang dikejar, walaupun harga ikan lagi jatuh-jatuhnya,namun karena mencari kualitas,tetap harganya stabil. Apa guna kita beli ikan lebih murah,tapi sewaktu menjual tidak laku-laku apa gunanya,Alhamdulillah ditempat saya ini paling lama 6 bulan pasti sudah dibeli orang,setelah betelur hanya menunggu besarnya saja,karena ada permintaan 20 cm/30 cm jadi menunggu besarnya saja,”ujar Wan Arif yang juga seorang Kepala Dusun itu.

Baca Juga :  Kepala Perwakilan PMO TIRAIPESISIR.COM Provinsi Kalbar,Rellawati,Hadiri Acara Syukuran Wakil Bupati Kubu Raya

Wan Arif Hermansyah menceritakan,Awal memelihara Ikan Hias Arwana atau Siluk ini bermula pada tahun 2012,yang bibitnya didapat dari penangkaran yang beda-beda jenis,diantara Jenis-jenis itu adalah ada Golden Red,Super Red,Silver dan lain-lain,namun yang kita usahakan ini adalah yang Super,karena melihat kualitas itu dengan harga,karena kalau bukan yang super kita pelihara,pakan juga sama cuma hasil kurang,jadi yang kita cari adalah yang nilai harga jualnya yang tinggi.

Asal Siluk ini kata Wan Arif Hermansyah,dulu di alam rata-rata Siluk ini di Sungai Kapuas hulu ada,tapi sekarang sudah punah di Sungai karena sudah lari kepenangkaran semua,karena di alam bebas penangkap-penagkap liar tidak terbatas. Kalau tidak ada Kolam seperti ini mungkin anak-anak kita tidak tahu lagi Siluk karena sudah langkanya. ”Itulah gunanya saya memelihara Siluk ini,”paparnya menceritakan.

Baca Juga :  Bupati Landak,dr.Karolin Margret Natasa,Kukuhkan Pengurus KTNA Kabupaten Landak Periode 2018-2023

Selain untuk kebutuhan pribadi dan masyarakat sekitarpun,saya tidak lupa dengan mengasih harga tidak terlalu ditekan,supaya masyarakat sini juga mendapatkan hasil,dan berbagi selalu untuk masyarakat. “Terkait suka duka, sukanya ya ketika panen,senangnya bukan mainlah,dukanya diwaktu kondisi kemarau,air kering,atau air pasang dan banjir besar pernah mati satu kolam, itulah resiko,”pungkasnya. (rella/B03/09)
Editor : Edi Saputra

loading…


Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses