Sitename

Description your site...

Maret 29, 2020

Petani Rumbai Dibebaskan dari Dakwaan Pembakar Lahan

Petani Rumbai Dibebaskan dari Dakwaan Pembakar Lahan
DIBEBASKAN -- Syafrudin (69) dibebaskan dari dakwaan pelaku pembakar lahan di Rumbai oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pekabaru, Selasa (4/2/2020) sore.

PEKANBARU, TIRAIPESISIR.COM — Seorang petani peladang, warga Rumbai Pekanbaru bernama Syafrudin, 69 tahun dibebaskan dari dakwaan oleh Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru sebagai pelaku pembakaran lahan.

Putusan itu dibacakan secara bergantian Majelis Hakim yang diketuai Sorta Ria Neva SH, MH dalam persidangan yang digelar di PN Pekanbaru, Selasa (4/2/2020) sore.

”Membebaskan terdakwa dari segala tunutan jaksa penuntut umum. Selain itu terdakwa dibebaskand ari tahanan dan dipulihkan segala hak, kedudukan, harkat dan martabatnya,” kata hakim Sorta.’

Baca Juga :  Besok, DKPP RI Sidang Kode Etik KPU Kuansing di Bawaslu Riau

Amar putusan ini langsung disambut syukur oleh terdakwa, serta merta ruang sidang riuh oleh teriakan; “hidup petani! hidup kakek Syafrudin!” Kebanyakan hadirin yang hadir menilai putusan itu sangat adil jika melihat beberapa kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yabg dilakukan pihak perusahaan atau korporasi sangat jarang sampai ke meja hijau.

Sebelumnya, Syafrudin dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nurainy Lubis., SH dengan ancaman 4 tahun penjara dan denda sebesar Rp3 miliar gara gara kedapatan membuka lahan seluas 20 x 20 meter atau 400 meter persegi di wilayah Rumbai, 17 Maret 2019 lalu. Lahan yang dia sewa itu rencananya akan digunakan untuk bercocok tanam palawija untuk menghidupi keluarganya.

Baca Juga :  Desa Pulo Dogom Ditetapkan Sebagai Desa Bersinar

Mendengar amar bebas untuk Syafrudin ini, JPU langsung menolak dan menyatakan kepada Majelis Hakim akan melakukan upaya hukum lewat permohonan kasasi ke Mahkamah Agung. * (denny)

aaaaaaaa

Bagikan berita ini
Tags: , , , ,
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses