Sitename

Description your site...

April 7, 2020

Perhitungan Suara diduga terjadi Penggelembungan, Saksi Partai Sampaikan Nota Keberatan ke PPK

Perhitungan Suara diduga terjadi Penggelembungan, Saksi Partai Sampaikan Nota Keberatan ke PPK

LABURA, TIRAIPESISIR.COM – Rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kecamatan Kualuh Ledong ricuh. Pasalnya, saksi menemukan adanya penggelembungan suara di TPS 13 Desa Teluk Pulai Dalam.

Atas itu, saksi partai Gerindra memberikan nota keberatan kepada Ketua KPPS agar segera memproses sesuai aturan.

Hal itu dikatakan perwakilan saksi Partai Gerindra Topik kepada Tiraipesisir, kamis (25/04/2019).

“Ada terdapat penggelembungan suara di TPS 13, karena ada perbedaan di hasil C1 peleno dengan C1 saksi. Dimana C1 peleno jumlah warga yang hadir berbeda yang ada di kotak suara saat di lakukan penghitungan suara,” kata Topik.

Baca Juga :  Lagi Asik Nyabu, Oknum ASN di Ciduk Polsek Kualuh Hulu

Diceritakannya, lain lagi terdapat kekurangan surat suara di dalam kotak suara pada saat di hitung berjumlah empat surat suara kurang.

“Kami dengan 6 partai membuat nota keberatan ke PPK Kualuh Ledong agar TPS 13 supaya di buat sangsi kepada ketua KPPS,” pintanya.

Semetara itu, Ketua Panwascam Kualuh Ledong, Supriadi membenarkan adanya indikasi kecurangan oleh salah satu calon dari partai PDIP no urut 5, sebab dari data Panwas dengan data C1 peleno terdapat 68 suara, akan tetapi di C1 peleno yang berhologram terdapat suaranya 36 suara, jadinya data tersebut tidak sinkron.

Baca Juga :  Pelaksanaan UNBK Di SMA N 1 Kualuh Ledong Berjalan Lancar

“Dari temuan kita surat suara keseluruhan 167 surat suara,dan suara tidak terpakai 58 suara yang terpakai 109 suara berbeda dari jumlah suara sah di C1 yang berhologram di kotak suara yang berjumlah 148 suara yang sah,” akunya.

“Jadi itu lah temuan kita, terdapat 43 suara yang di gelembungnya, untuk kelanjutannya kita akan buat laporan dan merekomendasikan ke PPK untuk memanggil Ketua KPPS TPS 13 desa teluk pulai dalam agar mempertanggung jawabkan temuan kita ini,” tegasnya.

Baca Juga :  Dua Pelaku Curas Di Hadiahkan Timah Panas Personil Polsek Kualuh hulu

Terpisah, Ketua PPK Kecamatan Kualuh Ledong Kab Labura , Ali saat di konfirmasi Jumat (26/4) menjelaskan, terkait temuan itu dirinya meminta agar dilakukan penundaan perhitungan.

“Kita udah tunda penghitungannya, sekarang kita sudah memanggil Ketua KPPSnya untuk hadir hari ini, itu bisa ada kesilapan dari penulisannya dari 36 bisa menjadi 86, makanya harus kita hadirkan ketua KPPSnya,” cetusnya.

Untuk diketahui, adapun masing masing Partai yang memberikan nota keberatan yakni partai Gerindra ,PDIP, Golkar ,PPP, PBB,dan partai Nasdem. (B06/09)

aaaaaaaa

Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses