Sitename

Description your site...

Oktober 28, 2020

Muzamil : Peran LAM Wujudkan Masyarakat Madani,Tujuan dan Cita-Cita Masyarakat

Muzamil : Peran LAM Wujudkan Masyarakat Madani,Tujuan dan Cita-Cita Masyarakat
TEKS FOTO : Muzamil,Ketua DPH LAMR Meranti saat menjadi nara sumber dalam acara diskusi publik dengan tema : Arah Kebijakan Pendidikan di Kabupaten Kepulauan Meranti Menuju Masyarakat Madani Dalam bingkai NKRI,Rabu (29/08/2018) di Aula Vicnic Kopi Tiam Jalan Diponegoro Selatpanjang Kota.

loading…


SELATPANJANG-Dalam rangka memperingati HUT RI ke-73,Ikatan Sarjana Nadhlatul Ulama (ISNU) Cabang Kabupaten Kepulauan Meranti mengadakan diskusi publik dengan tema “Arah Kebijakan Pendidikan di Kabupaten Kepulauan Meranti Menuju Masyarakat Madani Dalam bingkai NKRI”.

Acara diskusi dilaksanakan,di Aula Vicnic Kopi Tiam Jalan Diponegoro Selatpanjang,Rabu (29/08/2018). Kegiatan ini,dihadiri oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti,H.Said Hasyim,Ketua DPRD,H.Fauzi Hasan,Wakil Ketua DPRD,H.Muzamil,Akademisi,Perwakilan Kemenag,GP Ansor, Perwakilan Ponpes dan para Cindekiawan PC ISNU Kabupaten Kepulauan Meranti,serta para undangan lainnya.

Baca Juga :  Mesin Crane "Antam" Hotmix Ruas Jalan Kota Selatpanjang Hingga "Tebenam"

Ketua Panitia,Agus Syafri dalam sambutannya mengatakan,penyelenggaraan diskusi ini bertujuan, untuk melakukan evaluasi dan mencari titik balik perubahan di Kabupaten Kepulauan meranti.

Sementara,Muzamil,Ketua DPH LAMR Meranti ditunjuk panitia menjadi salah satu nara sumber. Dihadapan peserta diskusi,Muzamil menyampaikan konsep “Peran LAM dalam mewujudkan masyarakat madani di Kabupaten Kepulauan Meranti”

Adapun poin penting yang disampaikan Muzamil dalam diskusi tersebut,masyarakat madani adalah konsep yang bersumber dari contoh yang diberikan Rasulullah SAW dalam mengembangkan kota Madinatul Munawarah.

Baca Juga :  Warga Temukan Korban Mr.X di Jalan Tanjung Harapan,Ini Keterangan Kapolres Meranti

“Masyarakat sipil yang menjunjung tinggi norma,nilai-nilai dan hukum yang ditopang dengan penguasaan teknologi yang berpereradaban,dan didasarkan oleh iman dan ilmu. Masyarakat madanai adalah,suatu kondisi tujuan dan cita-cita hampir seluruh masyarakat,”terang Muzamil.

Dalam ceramahnya,Muzamil juga memaparkan,tentang masyarakat memilki ciri-ciri sebagai berikut, menurut,DR.Ashin Sako Muhammad kata Muzamil,Iman merupakan landasan ideal dan spiritual,dan hak kewajiban serta Kesadaran hukum,Spiritualitas,kepedulian sosial melalui zakat,dan rujukan agama.

“Hal tersebut sejalan dengan keberadaan LAM Melayu yang berazaskan pada adat,adat bersandingkan syara’,dan syara’ bersandingkan kitabullah. Untuk menjadi seseorang dikatakan melayu,maka harus wajib beragama dan taat dengan ajaran islam,”tuturnya.

Baca Juga :  Kabar Gembira, Pemkab Meranti Kembali Buka Permohonan Beasiswa D3 Hingga S2 Tahun 2020

Keberadaan LAM adalah payung dan rumah besar bagi seluruh elemen masyarakat yang berada di Riau,diberbagai hal dan permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan beragama.

“Dalam mengadapi hal tersebut,LAM akan selalu mengutamakan musyawarah dan mufakat sesaui dengan syari’at islam. Intinya,peran LAM adalah senafas dan seiring dengan syari’at Islam,”pungkas Muzamil. (lela/red)

loading…


Bagikan berita ini
Tags: , ,
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses