Sitename

Description your site...

October 16, 2019

Dana Reboisasi Kabupaten Meranti Mengalir Sampai Jauh,Bambang Bilang Roni Samudra Banyak Gunakan

Dana Reboisasi Kabupaten Meranti Mengalir Sampai Jauh,Bambang Bilang Roni Samudra Banyak Gunakan

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Dana Reboisasi (DR) Kabupaten Kepulauan Meranti Mengalir sampai jauh, penggunaan dana yang mencapai miliaran rupiah ini terkesan dibagi-bagi ke beberapa Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Meranti yang dinilai masyarakat tidak tepat sasaran, karna dengan dana yang sangat besar itu masih banyak hutan yang terbakar dengan skala cukup besar di Meranti.

Saat Media ini melakukan konfirmasi ke Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kepulauan Meranti terkait kemana arah aliran Dana Reboisasi tersebut mengalir. Selasa (3/09/2019), Bambang Suprianto,SE,MM selaku kepala BPKAD Meranti menjelaskan benar DR sudah digunakan dan dibagikan ke intansi yang bersangkutan tentang penggunaan dana tersebut.

Ironisnya, Bambang terkesan tertutup ketika ditanya terkait berapa jumlah DR yang dibagi-bagi kan ke setiap OPD, ia langsung mengarahkan kepada Media untuk mencari Infomasi sendiri.

Malah Bambang mengatakan, dari tiga OPD yang menggunakan DR itu, salah satunya Roni Samudra mantan pegawai BPBD dengan lantang disebutkannya, dan ia mengatakan lebih dari 50 persen dari dana tersebut digunakan BPBD Meranti, Ia juga menegaskan dalam hal ini Roni Samudra yang lebih mengetahui secara teknis menggunakan dana reboisasi itu.

Baca Juga :  Ketua Komisi 1 Hadiri Pembukaan Acara Bursa Inovasi Desa Tahun 2018

“Dana DR nya ada, tidak ada masalah, karna sudah bisa kita gunakan sesuai dengan fungsinya,” jelas Bambang.

“Dananya dibagikan ke tiga OPD, untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan DR tersebut tanyakan saja langsung kepada Roni Samudra, karna lebih dari 50 persen BPBD penggunaan dananya,” tegasnya lagi.

Untuk perimbangan berita, Media ini melakukan konfirmasi ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Meranti melalui salah satu Kasi pencegahan, Elvis Tambunan yang ditemani Kasubag Program Rafrizal.

Saat Media ini menanyakan berapa jumlah anggaran dan kegiatan apa saja yang sudah dilaksanakan dengan menggunakan Dana Reboisaasi, jawaban Elvis, terkesan tertutup seakan senada yang sama dengan jawaban Bambang.

Baca Juga :  Tim Futsal Polres Meranti Juara Raih Juara 1 Turnamen Futsal Sago Old Star 2019

Kendati demikian, Elvis juga menjelaskan, penggunakan dana tersebut terpecah, ada beberapa bidang yang menggunakan dana itu, untuk lebih jelas Elvis mengatakan, ia akan berkoordinasi dahulu kepada bosnya.

“Iya DR tersebut memang ada di BPBD, dan saya juga mengerjakan sebagian dari dana itu,” ucapnya.

“Kalau untuk lebih jelasnya, nantilah saya kasitau dulu sama bos ya,” kata dia lagi.

Sekedar informasi, berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI Perwakilan Riau Nomor 3C/LHP/XVIII.PEK/05/2016, tanggal 28 Mei 2016, BPK mengungkapkan permasalahan Saldo Kas Daerah tidak menggambarkan sisa dana alokasi khusus sebesar Rp 50 Miliar dan dana reboisasi sebesar Rp 31 Miliar.

Atas permasalahan tersebut BPK merekomendasikan kepada Bupati Kepulauan Meranti agar mengembalikan DAK dan DR sehingga program dan kegiatan DAK dan DR dapat dilaksanakan pada tahun berikutnya.

Baca Juga :  Wakil Bupati Meranti,H.Said Hasyim,Resmikan Masjid Darul Aman Desa Tanjung

Tidak sampai disitu, pada 31 Desember 2017 pemeriksaan BPK kembali menunjukkan bahwa saldo kas di Kasda menunjukkan sisa minimal sebesar Rp 63 Miliar berupa saldo kas yang dibatasi penggunaannya, terdiri dari saldo Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan non fisik, serta saldo Dana Reboisasi (DR) tahun 2017.

Hasil pemeriksaan lebih lanjut menunjukkan bahwa atas saldo DAK fisik dan non fisik serta saldo DR tersebut telah habis digunakan sebagai dana talangan untuk membiayai kegiatan lainnya selama tiga tahun terakhir.

Hingga berita ini diterbitkan, Pemkab Meranti dan OPD yang penggunakan Dana Reboisasi tersebut masih terkesan tertutup ketika dikonfirmasi Media. (Edi/A03/09)

Editor : Redaksi

aaaaaaaa

Bagikan berita ini
Tags: , , , , , , , , , ,
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses