Sitename

Description your site...

Oktober 31, 2020

Mantap, Tahun Depan Pemkab Labuhanbatu Akan Terima Bantuan Program Revitalisasi Pengembangan Perpustakaan Umum

Mantap, Tahun Depan Pemkab Labuhanbatu Akan Terima Bantuan Program Revitalisasi Pengembangan Perpustakaan Umum
Teks Foto : Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT didampingi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Ir. H. Leo Sunarta Marpaung, M.MA saat menyerahkan buku LIPPATA Asal Usul Nama Kabupaten Labuhanbatu kepada Muhammad Ramli Ridwan dari Perpustakaan RI.

loading…


LABUHANBATU, TIRAIPESISIR.COM – Tahun 2019 mendatang, Kabupaten Labuhanbatu dibawah kepemimpinan Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT akan menerima bantuan Program Revitalisasi Pengembangan Perpustakaan Umum Melalui Transpormasi Layanan Berbasis Ekonomi Sosial dari Perpustakaan Republik Indonesia untuk perpustakaan-perpustakaan di desa.

Hal tersebut di jelaskan Muhammad Ramli Ridwan dari Perpustakaan Republik Indonesia, Kamis (15/11/2018) usai melaksanakan audensi dan bersilaturrahmi dengan Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT di ruangan Kantor Bupati Labuhanbatu.

Muhammad Ramli Ridwan yang saat itu didampingi rekan kerjanya Herman Sahuri menjelaskan, kunjungan dengan Plt. Bupati Labuhanbatu guna untuk mendampingi Perpustakaan Kabupaten Labuhanbatu, bahwa sekarang paradigmanya Perpustakaan itu tidak hanya sebagai tempat membaca buku, tapi lebih mendorong sebagai tempat belajar dan melaksanakan kegiatan masyarakat berbasis ekonomi sosial.

Baca Juga :  WANITA HARUS MENYADARI PENTINGNYA DILAKUKAN IVA TEST DEMI KESEHATAN

“Sehingga kita harapkan dampak dari layanan Perpustakaan itu bisa meningkatkan taraf hidup, baik dalam bidang ekonomi, kesehatan maupun pendidikan masyarakat,” beber Muhammad Ramli.

“Kami juga akan berkunjung ke desa-desa calon penerima program Tahun 2019 yaitu Program Revitalisasi Pengembangan Perpustakaan Umum Melalui Transpormasi Layanan Berbasis Ekonomi Sosial, jadi ada tiga inovasi layanan, pertama,  Peningkatan Layanan Komputer dan Internet, kedua, Kegiatan keterlibatan masyarakat dan yang ketiga, bagaimana staf dan pimpinan perustakaan melakukan advokasi, tidak hanya pemerintah daerah tapi juga kepihak swasta atau stakeholder lainnya,” sambung dia.

Ketika ditanya apa manfaatnya kepada masyarakat, Muhammad Ramli Ridwan mengatakan, ia berharap ketika masyarakat itu memanfaatkan layanan perpustakaan, mereka bisa menemukan peluang untuk pengembangan kualitas hidup mereka dibidang ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

Baca Juga :  Walau Banyak Jadwal, H Andi Suhaimi Sempatkan Kopdar Bareng Bikers Se-Labuhanbatu Raya

“Hal ini tidak saja di Tingkat Kabupaten, tapi akan kita didorong melaksanakan kegiatan ini ke perpustakaan desa dan menurut rencana program tersebut akan dimulai pada tahun 2019, kalau untuk Kabupaten tahun ini,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Ir. H. Leo Sunarta Marpaung, M.MA menambahkan, Kegiatan ini adalah salah satu pemberdayaan masyarakat dalam arti pemberdayaan di desa, bagaimana masyarakat dapat meningkatkan taraf hidupnya dari membaca, sebagai contoh misalnya membuat kerajinan tangan, membuat industri makanan dan lain-lain.

“Kegiatan seperti ini ada kita lihat di Perpustakaan Desa Kampung Baru Kecamatan Bilah Barat, di Desa Sidorukun Kecamatan Pangkatan, kemudian di Perpustakaan Desa Pematang Seleng Kecamatan Bilah Hulu, inilah kegiatan-kegiatan yang ditinjau mereka, dimana hasil dari ferivikasi ini nanti insya Allah Tahun 2019 akan meluncur bantuan untuk perpustakaan-perpustakaan desa yang sekarang sedang di evaluasi bagaimana kinerja kami dalam pemberdayaan masyarakat desa,” sebut Leo.

Baca Juga :  Turnamen Sepak Bola Tropy Kades Sei sanggul 2018 Berjalan Lancar

Lebih lanjut Leo Sunarta menjelaskan, terkait hal program ini Pak Plt. Bupati Labuhanbatu sangat merespon dan terkejut, apa yang dikhawatirkan sudah terbukti karena fikiran beliau selama ini perpustakaan itu hanya tempat membaca-baca buku saja.

“Sekarang sudah tidak lagi, tapi bagaimana orang bisa membaca buku dengan jarak jauh melalui  perpustakaan elektronik yang sedang kita kembangkan sekarang dan hasil dari baca buku itu dapat diaplikasikan dalam suatu karya dan menghasilkan prodak makanan yang bisa dijual untuk meningkatkan ekonomi dan tarap hidup keluarga di Kabupaten Labuhanbatu,” tutup Leo. (Red)

loading…


Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses