Sitename

Description your site...

Mei 25, 2020

Lawan Covid-19, Pemdes Baran Melintang Data Masyarakat Kurang Mampu Untuk Program BLT

Lawan Covid-19, Pemdes Baran Melintang Data Masyarakat Kurang Mampu Untuk Program BLT

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Pemerintah Desa (Pemdes) Baran Melintang melakukan rapat pembagian tugas tim relawan tanggap Covid-19 di Desa Baran Melintang Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dikatakan Kepala Desa (Kades) Baran Melintang Penti Kurniawan, pada Kamis (16/04/2020) siang, saat dikonfirmasi mengatakan rapat tersebut dalam rangka pembagian tugas seperti melakukan pendataan untuk masyarakat kurang mampu melalui RT setempat.

“Kita lakukan pendataan ulang bagi masyarakat kurang mampu, diluar yang mendapatkan bantuan dari pemerintah seperti PKH, BPNT, KIS dan lain sebagainya,” terang Kades Penti.

Diakui Penti, data tersebut nantinya dipergunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang merupakan program dari Pemerintah Pusat melalui Dana Desa.

“Setelah kita dapat data itu, baru kita menghitung dan mengkakulasikan kebutuhan keuangannya berapa. Dan kita juga sampaikan juga ke pihak Kecamatan dan juga Dinas terkait. Yang jelas dasar kita ada untuk menyalurkan bantuan itu nanti agar data kita akurat,” katanya.

Baca Juga :  Babinsa Awasi Pembagian BLT-DD di Desa Tebun

Diungkapkan Penti, dalam proses pendataan kali ini, pihaknya tidak bisa mengacu pada data-data yang sudah ada, salah satunya data penerima kartu prakerja. Hal tersebut dikarenakan pendataan kali ini difokuskan pada masyarakat yang kurang mampu yang benar-benar tidak mendapatkan bantuan sama sekali.

“Yang jelas orang dalam pemantauan (ODP) di Desa tetap kita data, namu kita juga melihat mana yang benar-benar layak untuk mendapatkan bantuan ini, dan juga terdampaj akan warna virus ini,” jelasnya.

“Kita tidak bisa mengacu pada data penerima kartu prakerja, karena saat ini kita belum tau siapa-siapa saja yang akan menerima dan tentu kita menunggu data dari pusat. Intinya masyarakat yang sudah mendapatkan bantuan kartu prakerja nantinya tidak bisa lagi dapat bantuan BLT ini,” tambahnya.

Baca Juga :  Sekda Meranti Buka FGD Percepatan KLA, Minta Semua OPD Berikan Kontibusi Nyata Bagi Percepatan KLA di Meranti

Dikatakan Kades Penti, mengapa pihaknya melibatkan perangkat RT dalam pendataan?, pasalnya RT sangat mengetahui langsung bagaimana situasi kondisi masyarakatnya dilapangan, antara layak atau tidak layak untuk menerima bantuan tersebut.

“Untuk itu juga, kita menghimbau kepada RT agar mendatalah se-akurat mungkin sesuai kondisi yang ada dilapangan dan juga berikanlah pemahaman kepada masyarakat yang sudah menerima bantuan, kalau usulan bantuan ini diperuntukan bagi masyarakat yang belum mendapatkan sama sekali,” himbaunya.

“Kita dari Pemdes Baran Melintang tetap melakukan ini sesuai dengan arahan Presiden, Kementerian, Kepala Daerah, dan juga sesuai aturan yang berlaku,” tambahnya.

Baca Juga :  Lanal Dumai Gelar Giat Sunat Masal di Kecamatan Rangsang

Selain itu, dijelaskan Kades dalam rangka memutus rantai penyebaran virus yang berasal dari Wuhan tersebut, pihaknya akan kembali mengaktifkan dan lebih mengintensifkan poskamling yang berada di Desa Baran Melintang.

“Kita aktifkan poskamling, dan malamnya kita bergilir berjaga untuk antisipasi pencegahan wabah virus covid-19 ini. Titik pos kita ada di kantor desa, dan disitu kita lakukan patroli. Untuk tugas RT kita minta lakukan pencegahan dengan mensosialisasikan terkait Covid-19 ini,” ujarnya.

Sekedar informasi, Selain dihadiri Kades Baran Melintang Penti Kurniawan, Pendamping Desa, Perangkat Desa hingga Ketua RT setempat, kegiatan tersebut juga turut dihadiri Bhabinkamtibmas dan juga Bhabinsa selaku relawan Covid -19 Desa Baran Melintang.(B015/09)

Editor : Agus Salim.Hs

loading…


Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses