Sitename

Description your site...

Oktober 28, 2020

Kompol Irmadison : Karhutla 2019 Bakar Lahan 300 Ribu Hektar

Kompol Irmadison : Karhutla 2019 Bakar Lahan 300 Ribu Hektar

loading…


MERANTI, TIRAIPESISIR.COM – Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Taufiq Lukman Hidayat SIK melalui Wakapolres Kompol Irmadison SH memaparkan berdasarkan hasil data terakhir pada tanggal 19 September 2019, Karhutla mencapai 300 ribu hektar.

Oleh karena itu Presiden Republik Indonesia memberikan instruksi kepada Instansi terkait untuk Intens terhadap penanganan Kebakaran Lahan dan Hutan.

Hal itu diutarakannya dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Penanganan Dan Penanggulangan Karlahut Menuju Kabupaten Kepulauan Meranti Bebas Asap Tahun 2020.

Bertempat di Ruangan Rapat Utama (Rupatama) Polres Kepulauan Meranti, Jalan Lintas Gogok Desa Gogok Darussalam Kecamatan Tebingtinggi Barat, Irmadison menjelaskan, permasalah Karlahut saat ini sudah menjadi permasalahan Nasional bahkan permasalahan Internasional.

Baca Juga :  Penggunaan DDS Tahun 2017 di Desa Penyagun Rangsang Sudah Mulai Dilaksanakan

Banyak nya pernyataan keberatan yang disampaikan oleh Negara Tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam menyatakan protes terhadap Negara Indonesia.

Begitu juga dampak materiil dari Kebakaran Lahan dan Hutan ini meliputi perdagangan, pelayanan, jasa, penerbangan mencapai angka 50 Triliun Rupiah.

Oleh karena itu, pemerintah bersama dengan instansi terkait bersama sama menciptakan tahun 2020 Indonesia bebas dari Asap.

“Untuk itu, mari bersinergi melindungi alam, kepada masyarakat kita harapkan stop membakar lahan,” cetusnya.

Baca Juga :  Yulian Norwis Hadiri Syukuran Pemekaran Desa Maini Darul Aman yang Pertama

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Drs H Yulian Norwis SE MM mengungkapkan, menyikapi wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti yang terdiri dari Kepulauan yang mana antar daerah terputus oleh Laut.

“Kami dari Pemerintahan bersedia menyediakan Sarana transportasi untuk menyebrangi lautan untuk menuju titik lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan,” tegas Icut sapaan akrabnya.

Icut menambahkan, Kedepan pihaknya akan melibatkan kalangan penjuru mulai dari Camat, Kepala Desa, dan akan dibentuknya masyarakat peduli api dalam mendukung terciptanya Kabupaten Kepulauan Meranti bebas Asap 2020.

Baca Juga :  Proyek Box Culvert Yang Dikerjakan Tidak Maksimal Itu Katanya Akan Diperbaiki

“Dalam hal ini kami menyambut baik kegiatan kedepan yang akan di laksanakan Polres Meranti bersama perusahaan dan Instansi terkait dalam mewujudkan Meranti Zero Asap pada Tahun 2020 kedepan,” pungkasnya. (A04)

Editor : Dhamean Hasibuan

loading…


Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses