Sitename

Description your site...

September 21, 2020

Ketua PN Kupang: Tahun 2020 Nanti Sistem Persidangan Secara Online

Ketua PN Kupang: Tahun 2020 Nanti Sistem Persidangan Secara Online

KUPANG,TIRAIPESISIR.COM-Pengadilan Negeri Kupang akan melaksanakan persidangan elektronik yang dimulai pada 1 Januari 2020. Hal ini disampaikan Ketua Pengadilan Negeri Kupang Dju Johnson Mira Mangngi, SH,MH, dalam acara Penerimaan Sumpah dan Pelantikan Wakil Ketua PN Kupang Kelas I, di Ruang Sidang Lantai Dua PN Kelas I, Jalan Palapa. Jumat, (22/11/2019) siang.

Ketua PN Jhonson mengatakan, sesuai Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 tahun 2019, tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik, pada tanggal 06 Agustus 2019 sebagai penyempurnaan dari Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik, khususnya yang terkait dengan Tata Cara Persidangan secara Elektronik.

Baca Juga :  Tak Puas Kalah 2-0 Di PN Dan PT, Direktur BPR Christa Jaya Kupang Ajukan Kasasi MA

Ia menambahkan dengan peraturan yang telah dikeluarkan oleh MA ini, maka perlu disesuaikan pada setiap Pengadilan secara nasional, sehingga pemberlakuan persidangan secara elektronik di PN Kupang akan dilansungkan pada Tanggal 1 Januari 2020 yang akan datang.

“Jadi persidangan Perdata wajib dilakukan secara elektronik, untuk pendaftaranya, kemudian jawaban-jawabannya, sampai keputusan, terkecuali pembuktian tergantung dari kesepakatan para pihak, untuk jawaban-jawabannya semua dilakukan secara online, sehingga tidak ada lacgi tatap muka, namun tatap muka bisa dilakukan sesuai tenggang waktu yang ditetapkan majelis hakim,” jelasnya.

Baca Juga :  Kasus Bocornya Hasil Rontgen Pasien Terduga Covid-19, Resmi Dilaporkan Ke Polresta Kupang

Ia juga menghimbau kepada seluruh Advokad yang berada di Kota Kupang, agar nantinya dapat mempersiapkan segala kebutuhan, guna melaksanakan model persidangan tersebut di awal Tahun yang akan datang.

“Jadi saya berharap kepada rekan-rekan advokad yang masalah perdatanya belum selesai proses mediasinya, ketika proses mediasinya gagal dan melalui proses gugatan supaya bisa dilakukan secara online, supaya tidak kaget nanti pada 1 Januari 2020 tidak ada kata tidak, karena seluruh pengadilan diwajibkan administrasi persidangan secara online,” tegasnya.(Herry)

Baca Juga :  PN Maumere Dan LBH Surya NTT Teken MoU Layanan Posbakum

Editor : Agus Salim.Hs

loading…


Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses