Sitename

Description your site...

September 20, 2020

Kades Semitau Hulu : Kejujuran Dan Transparansi Dalam Mengelola Anggaran Merupakan Prinsip Kami

Kades Semitau Hulu : Kejujuran Dan Transparansi Dalam Mengelola Anggaran Merupakan Prinsip Kami
Foto : Rella/B03/09/tiraipesisir.com

SEMITAU HULU,TIRAIPESISIR.COM-Semenjak dilantik menjadi Kepala Desa Semitau Hulu sekitar 8 Bulan,Sajulianto berupaya menjalankan Roda Pemerintahan di Desa Semitau Hulu dengan Sebaik-baiknya. Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat,kejujuran dan transparansi mengelola anggaran harus menjadi prinsip. Demikian dituturkan,Sajulianto saat ditemui Media ini beberapa waktu lalu di kantornya.

“Kami,dalam melaporkan terkait Anggaran di Desa ini selalu mengedepankan prinsip Transparansi,Efektif dan Efesien serta untuk tidak pernah melakukan Mark-Up baik harga maupun jumlahnya,”ujar Sajulianto.

Menurutnya,dengan adanya DD (Dana Desa) dan ADD (Anggaran Dana Desa) ini,berpeluang terjadinya praktek korupsi ditingkat desa. “Oleh karena itulah kami mengharapkan,kepada pemerintah untuk melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap penggunaan DD dan ADD,serta membuat Reward dan Punishmen terhadap Pemerintahan Desa dalam melaksanakan Dana Desa,”katanya.

Baca Juga :  Potensi Ikan Hias Arwana di Desa Semitau Hulu Sungguh Sangat Menjanjikan

Disampaikan juga,dalam rangka transparansi dan keterbukaan penggunaan dana kepada masyarakat,Pemerintahan Desa Semitau Hulu menggelar rapat setiap selesai tahapan penggunaan dana desa dalam Rapat Pertanggungjawaban Dana Desa,yang biasanya digelar 3 kali dalam setahun. “Rapat tersebut dihadiri oleh semua elemen masyarakat Pemerintaha Tingkat Desa termasuk pemilik Toko tempat Desa melakukan pembelanjaan,sehingga masyarakat bisa langsung membandingkan kwitansi belanja yang disampaikan dengan kondisi rill kepada pemilik toko pada saat rapat,”tutur Sajuliarto lulusan S1 Pertanian Untan itu.

Baca Juga :  Warga Desa Semitau Hulu Kecewa,Dana BRS Yang Diberikan Oknum Pejabat DLH Kab Kapuas Hulu Tidak Dapat Dimanfaatkan Langsung

Sajuliarto juga mengajak,agar semua desa juga begini,tidak ada Mark-Up dalam penggunaan Anggaran,nota yang ditulis harus sesuai dengan kejadian dilapangan. Libatkan semua unsur desa seperti BPD dan anggota masyarakat.

“Selama satu periode kedepan,kami sudah menyusun Program Prioritas, diantaranya,Pembangunan dan Peningkatan Kapasitas Sarana dan Prasarana Desa,Program Pertanian (Sawah Desa) dan Perkebunan Desa,Pembangunan Usaha BUMDes dalam upaya peningkatan PAD,Program Pemberdayaan melalui Pembentukan kelompok-kelompok usaha,Peningkatan Pelayanan Publik berbasis Website Desa,dan Pembentukan,Pengembangan dan Pembinaan Koperasi berbasis Syariah,”tutup Sajuliarto mengakhiri. (rella/B03/09)
Editor : Edi Saputra

loading…


Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses