Sitename

Description your site...

Maret 31, 2020

Gelar Focus Discussion BPS Meranti Tingkatkan Partisipasi Dan Kolaborasi Penyediaan Data Dan Kependudukan

Gelar Focus Discussion BPS Meranti Tingkatkan Partisipasi Dan Kolaborasi Penyediaan Data Dan Kependudukan

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Meranti gelar Acara Focus Group Discussion satu data Kependudukan dengan tema “Sinergi Meningkatkan Partisipasi dan Kolaborasi dalam Penyediaan Data Kependudukan Berkualitas” di Gedung Afifa lantai II Jalan Banglas, Senin (25/11/2020).

Turut Hadir dalam acara tersebut, Organisasi Media Seperti Media Online Indonesia (MOI), Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI), Lembaga Anti Narkoba (LAN), Perkumpulan Wartawan Republik Indonesia-bersatu (PWRIB), Pejuang Meranti, Kabid Kabag, Kepala BPS Kabupaten, MUI, Lembaga Adat Melayu Riau, Amrizal, NU, Muhammadiyah, FPI, LMR, BP2A, Agusrianto, Panguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia, Yayasan Tsuzi, Majlis Agama Konghucu Indonesia, Yayasan Sosial Umat Beragama Budha, Lembaga Adat Suku Akit, Desi S, STAI, AMIK, STKIP, PGRI SMA 1TT, Agus Sumarno, Misuri, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan, Ikatan Keluarga Batak Riau, IKMR, IPKJR, Azhari Andria, Gagak Hitam, Yayasan Fitrah Madani, Yapis, KNPI, Laskar Melayu Bersatu Riau dan lainnya.

Sebelum acara dibuka langsung saja sambutan dari Moh Fatichudin SSi M Eng, “Perlu diketahui data sangat penting, BPS di amanatkan untuk melakukan sensus penduduk, untuk 2020 ada 54 negara melakukan hal yang sama seperti kita, untuk sp kedepan kita mempunyai tantangan sendiri mulai tanggal 15 februari, kita hadir disini untuk berdiskusi untuk menghasilkan strategi untuk masyarakat meranti dengan sistem online, kemudian pada juli ada metode dalam petugas membawa kertas atau handphone Android, mudah mudahan dalam forum diskusi ini kita dapat menghasilkan solusi untuk kedepanya dan acara ini langsung kita buka”, katanya.

Baca Juga :  Setelah Dibuntuti Warga Selatpanjang Ini Kedapatan Membawa Shabu Seberat 0,30 Gram

Sekilas info pada Februari Maret 2020 kita akan melakukan Sensus Oline dan bisa dibuka pada website sensus.bps.go.id, Supaya memudahkan masyarakat dengan memberikan berbagai pilihan cara untuk berpartisipasi dalam sensus, proses edukasi masyarakat mengenai pentingnya teknologi Tahun 2020.

Hampir semua desa di Indonesia tersedia infrastruktur jaringan internet (Sumber : Kemenkominfo & Kemenkeu) Literasi masyarakat terhadap teknologi informasi yang semakin baik, masyarakat dilibatkan sebagai subjek dalam proses bisnis, membangun pengumpulan data budaya baru di masyarakat terhadap arti dan pentingnya data, dimulai dari kepedulian terhadap data pribadinya Sebagai solusi bagi responden yang susah ditemui oleh petugas sensus, memudahkan masyarakat dengan memberikan berbagai pilihan cara untuk berpartisipasi dalam sensus.

Selanjutnya Kepala Bidang Statistik Distribusi Agus Nuibowo SSi MM, Sebagai Narasumber dalam Acara Focus Group Discussion menyampaikan, Statistik memiliki arti penting bagi upaya perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi penyelenggaraan berbagai kegiatan di segenap aspek kehidupan bermasyakarat. Kegiatan statistik diarahkan untuk mendukung pembangunan nasional; mewujudkan dan mengembangkan Sistem Statistik Nasional yang andal, efektif, dan efisien.

Baca Juga :  Masrul Kasmy Dan Yulian Norwis Hadiri Tes Di Kantor DPW Partai Nasdem

UU No 16 Tahun 1997 Pasal 5 Berdasarkan tujuan pemanfaatannya, jenis statistik terdiri atas : Statistik Dasar dikumpulkan BPS Statistik Sektoral dikumpulkan instansi pemerintah, Statistik Khusus dikumpulkan oleh lembaga, organisasi, perorangan, dan atau unsur masyarakat lainnya.

Tujuan Sistem Statistik Nasional Get a modern PowerPoint Presentation that is Agar para penyelenggara beautifully designed. kegiatan statistik memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara optimal Menghindari kemungkinan terjadinya duplikasi kegiatan oleh para penyelenggara kegiatan statistik Terciptanya suatu Sistem Statistik Nasional yang andal, efektif, dan efisien.

Aspek kebutuhan data statistik Saran dan pertimbangan dari Forum Masyarakat Statistik Ketersediaan sumber daya manusia dan sumber dana, metode yang tepat, sarana dan prasarana yang memadai, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, aspek penyebarluasan data yang dihasilkan, serta kelengkapan perangkat hukum Aspek koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan standarisasi (KISS) yang dilakukan oleh BPS dengan seluruh penyelenggara kegiatan statistik Aspek penyediaan informasi statistik kepada konsumen sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Juga :  Ini Pesan Tegas Kapolres Meranti Terhadap Penumpang dan Nahkoda

Satu Data Indonesia (SDI) Satu Data Indonesia (SDI) adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui Pemenuhan standar data, metadata, interoperabilitas, dan menggunakan kode referensi dan data induk. Salah satu tujuan SDI adalah Mendukung Sistem Statistik Nasional sesuai peraturan perundang-undangan.

Prinsip SDI, Data yang dihasilkan memenuhi Standar Data Data yang dihasilkan memiliki metadata Data yang dihasilkan memenuhi kaidah interoperabilitas Data yang dihasilkan menggunakan kode referensi/data induk. Sistem Statistik Nasional, Koordinasi, Integrasi, Sinkronisasi, Standarisasi, Satu Data Indonesia Forum SDI Interoperabilitas Kode Referensi dan/data induk Standar Data dan Metadata Baku.

Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 agar dapat menyentuh masyarakat Informasi Kegiatan Instansi/Komunitas, Agen Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Badan Pusat Statistik membutuhkan perpanjangan corong informasi untuk, mensosialisasikan Sensus Penduduk 2020.(B15/09)

Editor : Agus Salim.Hs

aaaaaaaa

Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses