Sitename

Description your site...

September 24, 2020

Gaji Tak Sesuai, Para Buruh PT. SPS Demo ke Kantor Bupati dan DPRD Labusel

Gaji Tak Sesuai, Para Buruh PT. SPS Demo ke Kantor Bupati dan DPRD Labusel

loading…


LABUSEL, TIRAIPESISIR.COM – Puluhan orang yang tergabung dalan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia(SBSI) PT. Sawit  Payung Sukajadi (SPS) hari ini berdemontrasi didepan kantor Bupati Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) dan Kantor DPRD Labusel, Selasa, (26/2) di Kotapinang.

Terpantau massa demontrasi yang terdiri dari Karyawan PT. SPS baik laki-laki maupun perempuan turut memampangkan karton yang bertulisankan “Kami Buruh PT. SPS yang tertindas, Buruh bukan untuk ditindas tapi untuk disejahterakan tolong kami Bapak Bupati dengarkanlah keluhan kami”.

Selanjutnya, setelah massa demontrasi menyampaikan orasinya di depan perkantoran kantor Bupati Labusel, kemudian massapun beralih menuju kantor DPRD Labusel.

Adapun dalam tuntutan para buruh SBSI PT. SPS tersebut meminta agar pengusaha PT. Sawit Payung Sukajadi mempekerjakan dan membayar upah buruh secara penuh sesuai UMSK Labusel yang berlaku, meminta PT.SPS agar membagi kartu BPJS tenaga kerja kepada buruh, apabila perusahaan tidak mengindahkan semua hal ini kami meminta supaya pemerintah dan aparat penegak hukum segera mengambil tindakan atas perbuatan pengusaha yang telah sengaja melanggar dan melawan hukum tersebut.

Baca Juga :  PT.Nubika Jaya Bantu Fasilitasi Penumbangan PSR Gapoktan Perkebunan Aek Raso

Ketua SBSI Labusel Aluizatule Zega ketika dikonfirmasi mengatakan jika aksi tersebut terkait pelanggaran pembayaran upah buruh yang dilakukan PT. Sawit Payung Sukajadi.

Di katakan Aluizatule jika aksi buruh kali ini, para buruh merasa kecewa, lantaran aksi demo mereka di depan kantor bupati Kabupaten Labuhanbatu Selatan belum ditanggapi bupati. Namun setelah aksi berlanjut ke kantor DPRD Labusel, Ketua SBSI Labusel mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD Kab. Labusel dan anggota DPRD lainnya yang telah bersedia menampung aspirasi kaum buruh tersebut.
“Pada hasil pembahasan dengan DPRD Labusel hari ini, bahwa diputuskan pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) pada hari kamis mendatang dengan memanggil direksi PT. Sawit Payung Sukajadi,” ujar Aluizatule. Selasa, (26/2) di Kotapinang.

Baca Juga :  Pemkab Labusel Resmi Membuka Kegiatan Pembinaan Organisasi Kepemudaan

Menurut Aluizatule, jika harapan buruh terkait aksi demo hari ini adalah meminta keadilan akan hak-hak kaum buruh, dan meminta para pimpinan direksi dari PT. Sawit Payung Sukajadi agar hadir pada saat RDP mendatang.

Sementara dalam tangggapannya, Kadisnaker Kab. Labusel, Sutrisno mengatakan sangat mengapresiasi kedatangan kaum buruh ke DPRD Kab. Labusel.
“Kita dari Disnaker, sudah berupaya bagaimana menyelesaikan ini, sesuai dengan peraturan perundangan yang jelas, sesuai dengan Undang-undang No 2 Tahun 2004 tentang penyelesaian perselisihan tenaga kerja,” jelas Sutrisno.

Sutrisno juga sangat menyayangkan, jika pada saat ini, dari pihak perusahaan tersebut belum juga memberikan jawaban apapun terkait aksi tersebut.

Dilain sisi, Anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengatakan akan terus memperjuangkan aspirasi dari para buruh tersebut, karena dikatakan Lahmuddin, jika dirinya pernah menjadi bagian buruh.
“Sebelum diri saya menjadi anggota DPRD Kab Labusel saya juga merupakan seorang buruh,” ujar Lahmuddin.

Baca Juga :  Pulang Belanja Kereta Scoopy di Larikan Curanmor

Lahmuddin menjelaskan jika kekecewaan para buruh tersebut sudah disampaikannya ke Kementerian Tenaga Kerja di Jakarta.
“Dan dalam waktu dekat ini, kami akan membuat Perda tentang ketenaga kerjaan di Kab Labusel, supaya DPRD punya fungsi pengawasan yang efektif untuk kelanjutanya. Insya Allah pada Tahun 2020 nanti kita akan melaksanakan pembahasan Perda supaya diselesaikan, dan hal ini sudah saya bicarakan kepada Dirjend Ketenaga kerjaan pusat bahwa di Kab Labusel ini, 70 % nya adalah kaum buruh,” jelas Lahmuddin.(Misro Hasibuan)

loading…


Bagikan berita ini
  • 98
    Shares

loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses