Sitename

Description your site...

April 4, 2020

Buka STQ Kelurahan Selatpanjang Timur, Bupati Irwan Berharap Prestasi Qori Meranti Dapat Ditingkatkan

Buka STQ Kelurahan Selatpanjang Timur, Bupati Irwan Berharap Prestasi Qori Meranti Dapat Ditingkatkan

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, membuka secara resmi STQ Ke-XI Tingkat Kelurahan Selatpanjang Timur, Kecamatan Tebing Tinggi, kegiatan dapam rangka Syiar islam melalui lantunan ayat suci Al-Quran sekaligus penjaringan bibit Qori dan Qoriah Meranti itu dipusatkan di Masjid Al-Muhtadin, Jalan Rintis, Selatpanjang, Jumat malam (6/3/2020).

Turut hadir bersama Bupati, Camat Tebing Tinggi Rayan Pribadi SH, Kabag Humas dan Protokol Meranti Rudi MH, Camat Rangsang Pesisir H. Arifuddin, Ketua MUI Meranti H. Mustafa, Ketua LPTQ Kep. Meranti Zulkhairil, Lurah Selatpanjang Timur Ardat SIP, Pimpinan Perbankan, Tokoh Masyarakat/Agama, Imam dan Pengurus Masjid Al-Muqtadin, serta Para Qori dan Qoriah peserta STQ.

Pembukaan STQ Tingkat Kelurahan Selatpanjang Timur dilakukan langsung oleh Bupati Kepulauan Meranti yang ditandai dengan pemukulan kompang oleh Bupati, Camat, Ketua LPTQ Meranti serta Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Meranti mengucapkan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah menggelar STQ tersebut, menurutnya kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam upaya mensiarkan islam melalui lantunan ayat suci Al-Quran agar para generasi muda Meranti lebih memahami bagaimana cara membaca Al Quran yang baik dan benar sekaligus dapat mengaplikasikan isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Kepengurusan DPC LAN Meranti Terbentuk, Perang Jaringan Peredaran Narkoba

Kehadiran Bupati pada pembukaan STQ Tingkat Kelurahan ini ternyata mengundang tanya dari Ketua LPTQ Meranti Zulkhairil karena tak biasanya dilakukan. Dalam pidatonya Bupati coba menjelaskan kehadirannya dikarenakan rasa penasaran melihat prestasi Qori dan Qoriah Meranti yang berlomba pada MTQ Tingkat Provinsi semakin menurun.

“Saya penasaran kenapa prestasi MTQ kita terus menurun disini saya ingin mencari tahu apa penyebabnya,” aku Bupati.

Seperti diketahui, dalam dua tahun terakhir prestasi MTQ Meranti tingkat Provinsi Riau terus melorot hingga ke peringat 7 dari 12 Kabupaten Kota hal ini tentu sangat mengecewakan Bupati dimana sebelumnya Meranti selalu menempati prestasi Runner Up atau nomor dua.

Baca Juga :  AKBP H Asmar di Sambut Hangat Masyarakat Desa Tanjung Gemuk

Ternyata dari penjelasan Ketua LPTQ Meranti salah satu penyebab prestasi Qori dan Qoriah Meranti menurun adalah karena minimnya dana yang menyebabkan kurang maksimalnya proses pembinaan.

Untuk itu kedepan Bupati Irwan berharap prestasi Qori dan Qoriah Meranti dalam MTQ Tingkat Provinsi kembali bersinar setidaknya meraih peringkat ketiga di 12 Kabupaten Kota, menimbang Meranti merupakan salah satu daerah penghasil Qori terbaik di Riau.

“Saya harap pada kesempatan ini dan lainnya, LPTQ Meranti dapat memantau bibit Qori dan Qoriah Meranti terbaik untuk dibina pada Quran Center Batam yang akan mewakili Kabupaten diajang yang lebih besar,” ujarnya lagi.

Agar pengurus LPTQ dapat memantau para Qori dan Qoriah terbaik, Bupati juga meminta para peserta untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Baca Juga :  Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Ibunda Mantan Kapolres Meranti AKBP. Pandra Berpulang, Pemkab. Meranti Sampaikan Ucapan Duka Cita

“Semoga kegiatan ini dapat memotivasi dan membangkitkan kembali semangat Qori dan Qpriah Meranti untuk berprestasi kembali mengharumkan nama Meranti diajang yang lebih besar,” harap Bupati.

Sekedar informasi, seperti dijelaskan Ketua Panitia Pelaksana Ustadz Zulfan, dalam kegiatan STQ Tingkat Kelurahan Selatpanjang Timur akan memperlombakan 2 Cabang yakni Cabang Tartil Quran dan Tilawah anak-anak dengan jumlah peserta 40 orang. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari bibit Qori dan Qoriah terbaik Meranti sekaligus mensyiarkan agama Allah melalui lantunan ayat-ayat suci Al-Quran.

Zulfan berharap ivent ini tidak hanya sekedar perlombaan tapi hendaknya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita berharap MTQ ini tidak semata perlombaan tapi hendaknya isi kandungan Al-Quran dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Zulfan.(Rls)

Sumber Humas Pemkab Meranti

Editor : Agus Salim.Hs

aaaaaaaa

Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses