Sitename

Description your site...

Oktober 30, 2020

BKMT Meranti Latih Belasan Ibu Menjadi Penjahit Profesional

BKMT Meranti Latih Belasan Ibu Menjadi Penjahit Profesional

loading…


MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Pengurus Daerah Badan Koordinasi Majelis Taklim (PD-BKMT) Kepulauan Meranti terus menjalankan program strategisnya dalam rangka pemberdayaan masyarakat, kali ini melalui Bidang Usaha dan Kerjasamanya menggelar pelatihan menjahit yang diperuntukan kepada para ibu kurang mampu dalam upaya memberikan keterampilan sekaligus mengangkat ekonomi keluarga melalui usaha menjahit.

Pelatihan Menjahit PD-BKMT Kab. Kep. Meranti yang bekerjasama dengan BLK Komunitas YPI Al-Hikmah itu, dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim, bertempat di Gedung BLK Komunitas YPI Al-Hikmah, Jalan Dorak, Selatpanjang, Jumat (24/1/2020).

Turut hadir bersama Wakil Bupati Ketua PD-BKMT Meranti Hj. Syamsiar Said Hasyim, Ketua MUI Meranti H. Mustafa SAg, Sekretaris Dinas Sosial Meranti Rika S.Sos, Ketua BLK Komunitas YPI Al-Hikmah, Lurah dan Kepala Desa Se-Kecamatan Tebing Tinggi, serta belasan ibu para peserta pelatihan menjahit.

Pembukaan pelatihan ditandai dengan pemasangan tanda peserta dan penyerahan peralatan jahit secara simbolis oleh Wakil Bupati H. Said Hasyim kepada perwakilan peserta.

Baca Juga :  BRG dan UGM Akui Tidak Pernah Menugaskan Sutarno Kades Sungai Anak Kamal Untuk Garap Lahan Milik Masyarakat

Sekedar informasi seperti disampaikan Ketua Panitia Idawati, kegiatan pelatihan menjahit bagi para ibu yang berasal dari keluarga kurang mampu itu dilaksanakan oleh Bidang Usaha dan Kerjasama PD-BKMT BKMT Meranti. Peserta terdiri dari 16 orang yang berasal dari perwakilan Desa dan Keluarahan Se-Kecamatan Tebing Tinggi. Nantinya para peserta akan dilatih oleh instruktur profesional dari BLK Kemenaker RI tentang bagaimana cara membuat pola dan menjahit pakaian, ditargetkan usai pelatihan ini semua peserta sudah mampu menjahit pakaian baik untuk keluarga maupun membuka usaha jahitan.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PD-BKMT Meranti, Hj. Syamsiar Said Hasyim dijelaskannya, pelaksanaan pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan PD-BKMT dalam rangka memberdayakan masyarakat khususnya para ibu yang kurang mampu sehingga memilki keterampilan dan mampu mandiri dalam mengangkat ekonomi keluarga.

“Kita berharap para ibu memiliki keterampilan menjahit yang dapat dipergunakan untuk membuka usaha dalam upaya mengangkat ekonomi keluarga,” jelas Hj. Syamsiar.

Baca Juga :  Said Hasyim Didampingi Icut,Buka Sosialisasi Evaluasi Jabatan Tahun 2018 Pemkab Meranti

Demi terlaksananya pelatihan-pelatihan pemberdayaan masyarakat yang lebih besar dan masif, tak lupa Ketua PD-BKMT Meranti mengharapkan dukungan dana dari Pemda Meranti melalui OPD terkait dengan begitu apa yang menjadi tujuan dari BKMT dapat berjalan dengan baik.

Dukungan yang sama juga dilayangkan BKMT Meranti kepada para Kepala Desa dan Lurah, melalui dana ADD Desa, Hj. Syamsiar berharap apa yang telah dijalankan oleh BKMT saat ini dapat diteruskan oleh Kades diwilayahnya masing-masing.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim, dalam sambutannya mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada BKMT atas terselenggaranya kegiatan pelatihan tersebut, menurutnya pelatihan menjahit ini sangat bermanfaat dalam mewujudkan fitrah para wanita di Meranti yakni menjadi wanita yang mempesona didalam keluarga dan masyarakat.

“Kegiatan ini khusus diperuntukan kepada para wanita di Meranti untuk mewujudkan fitrahnya agar mampu menjadi wanita yang mempesona. Sebab untuk menjadi wanita yang mempesona tidak hanya sekedar memiliki wajah yang cantik tapi juga mampu mengelola keluarganya menjadi keluarga yang menjadi panutan,” jelas Wabup Meranti.

Baca Juga :  Sebanyak 61 Personil Polisi Di Mapolres Meranti Naik Pangkat

Dan ia menilai pelatihan menjahit ini diyakini akan mampu mengangkat potensi SDM Meranti yang cukup luar biasa terutama oleh para wanita Meranti dalam medorong percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Para ibu memiliki tanggungjawab besar terhadap keberhasilan pembinaan keluarga oleh karena itu jadilah ibu yang mempesona,” harapnya.

Wabup berharap program-program pemberdayaan masyarakat tersebut, juga dapat ditiru oleh Desa dengan menggunakan dana ADD yang cukup besar, sehingga kegiatan serupa dapat dilaksanakan lebih besar lagi.

“Semoga kedepan kegiatab ini dapat digelar lebih besar lagi dan Pemda Meranti siap mendukung,” ujar Wabup.

Terakhir Wabup berpesan kepada para peserta untuk dapat mengikuti pelatihan itu dengan sebaik-baiknya agar para peserta memilki keterampilan yang bermanfaat bagi diri, keluarga dan masyarakat.(Rls/Humas Pemkab)

Editor : Agus Salim.Hs

loading…


Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses