Sitename

Description your site...

Juli 5, 2020

75 Ribu Bibit Ikan akan Dibudidaya Bumdes di Desa Baran Melintang

75 Ribu Bibit Ikan akan Dibudidaya Bumdes di Desa Baran Melintang

MERANTI,TIRAIPESISIR.COM-Dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Baran Melintang, Pemerintah Desa (Pemdes) Baran Melintang Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan pembudidayaan perikanan.

Dimana nantinya, pembudidayaan ikan tersebut akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Puteri Panglima di Desa Baran Melintang. Ada dua jenis ikan yang menjadi prioritas pihak Bumdes yang ada di Desa Baran Melintang tersebut untuk dilakukan pembudidayaan, dimana ikan nila dan kakap.

Kepala Desa (Kades) Baran Melintang Penti Kurniawan, mengaku ada sebanyak 70 ribu bibit jenis ikan nila dan 5 ribu jenis ikan kakap yang akan dilakukan pembudidayaan nantinya.

“Untuk perdana, kolam saat ini kita siapkan ada sebanyak enam kolam. Dimana nominal anggaran yang disiap kan Bumdes untuk sarana prasarana sekitar 120 juta,” terang Penti, Rabu (17/6/2020.

Baca Juga :  Berikan Rasa Ketenangan, Kapolres Meranti Datangi Rumah Keluarga Korban Yang Hilang

Selain dikelola oleh pihak Bumdes, dirinya memgaku akan melibatkan kelompok nelayan yang ada di Desa Baran Melintang. Hal tersebut dilakukan agar dapat membantu perekonomian masyarakat yang ada di Desanya, apalagi mengingat situasi saat ini ditengah adanya wabah pandemi virus Covid-19 ini, perekonomian masyarakat semakin tergerus.

“Kita libatkan kelompok nelayan, dimana kita ingin masyarakat dapat terbantu dengan adanya budidaya perikanan ini, paling tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari,” ungkapnya.

Dalam pembudidayaan ikan tersebut, Kades Penti menargetkan akan panen sekitar kurang lebih 5 bulan. “Target kita paling tidak bulan 12 dan paling cepat bulan 11 sudah ada hasil. Intinya prediksi kita panen 5 bulan,” ujarnya.

Penti Kurniawan menuturkan ini merupakan salah satu langkah pihaknya melalui Bumdes untuk meningkatkan perekonomian Desa Baran Melintan. Untuk itu, dirinya juga berharap kepada Bumdes Puteri Panglima, agar dalam pengelolaan tersebut tetap konsisten untuk melibatkan masyarakat melalui kelompok nelayan di Desa Baran Melintang.

Baca Juga :  Dua titik api Serang Kebun Warga Desa Lukun

“Kita inginkan dapat melibatkan masyarakat melalui kelompok tani, dimana sistemnya dapat saling membantu. Dan kedepannya kita juga akan membantu agar teknisnya dalam pembudidayaan dapat berjalan dengan baik,” ungkap Penti.

Sementara itu, dirinya juga menargetkan dalam pembudidayaan ikan tersebut dapat berjalan dengan baik dan menjadi objek wisata perikanan yang ada di Desa Baran Melintang.

“Setelah berhasil disektor budidaya, kita ingin Bumdes dapat mengembangkan pada sektor pariwisata ikanan kedepannya,” harapnya.

Sekedar informasi, pada Rabu (17/06/2020) siang, pihak Pemdes Baran Melintang melakukan kegiatan pelepasan bibit ikan dikolam yang akan dilakukan pembudidayaan.

Camat Pulau Merbau Atan Ibrahi mengharapkan agar dalam pengurusan pembudidayaan bibit ikan tersebut dapat dikelola dengan baik sehingga kedepannya mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga :  Minta Penjelasan : Malam Tadi Puluhan Buruh Datangi BPOM Riau di Grand Meranti Hotel Selatpanjang

“Selain itu, dalam pembuatan kolam juga harus dapat dibenahi, karena ini butuh penjagaan dari serangan hewan buas seperti ular, biawak dan lain sebagainya,” ujarnya.

Kendati begitu, pihak Kecamatan Pulau Merbau tetap menyambut baik dengan adanyan program pembudidayaan yang dilakukan pihak Bumdes di Desa Baran Melintan.

“Intinya kita tetap menyambut baik itu, agar dapat dikelola dengan baik,” harapnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Camat Pulau Merbau Atan Ibrahim beserta staff dan perangkat Pemerintah Kecamatan Pulau Merbau, pihak Polsek dan TNI di Kecamatan Pulau Merbau, dan Pemdes Baran Melintang dan juga masyarakat Desa Baran Melintang.(B015/09)

Editor : Agus Salim.Hs

loading…


Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses