Sitename

Description your site...

September 19, 2020

2 Lahan Semak Belukar Di Pulau Rupat Bengkalis, Ludes di Lalap si Jago Merah

2 Lahan Semak Belukar Di Pulau Rupat Bengkalis, Ludes di Lalap si Jago Merah

BENGKALIS,TIRAIPESISIR.COM – Kondisi dan situasi cuaca panas teriknya matahari di Kabupaten Bengkalis,mulai membawa bencana kebakaran lahan semak belukar,seperti yang terjadi di Desa Sri Tanjung pemekaran dari Desa Teluk lecah di rupat, Kecamatan rupat, Kabupaten Bengkalis, selasa 12/02/19.

Adapun jarak dari koramil ketempat kejadian kebakaran 52 km,yang ikut untuk pemadaman api di lahan Desa tersebut dari Personil TNI berjumlah 5 orang,dari Damkar Kecamatan 12 orang, Masyarakat Peduli Api (MPA) 26 orang,Masyarakat setempat 30 orang dan Damkar PT.Sumatra Riang Lestari (SRl) berjumlah 7 orang dan menggunakan alat 3 unit mesin Robin, 2 unit Max3,5 unit RAN R2,1unit RAN R4.

Baca Juga :  H.Indra Gunawan Eet Layak Nahodai Negeri Junjungan 5 Tahun Kedepan

Dikonfirmasi awak media, melalui telefon Seluler 08137477xxxx, Danramil 05 Rupat,Kapten Inf Syafrilis,mengatakan bahwa,ada lebih kurang 15 Ha lahan tanah gambut yang sudah terbakar.

Yang mana menjadi masalah utama dalam mengatasi kebakaran,tiupan angin kencang ditambah kondisi lahan gambut yang mengering karena cuaca panas.

Makin memperlebar lahan yang terbakar. Apalagi petugas yang ada dilapangan juga kesulitan untuk mendapat sumber air,karena lokasi yang terbakar cukup jauh, ucapnya, Danramil 05 rupat, Kapten Inf Syafrilis.

Baca Juga :  Bupati Bengkalis,Amril Mukminin Kukuhkan 75 Anggota Paskibra 2018

lanjutnya lagi, di wilayah rupat ini ada 2 titik lahan terbakar semak belukar seluas 2 Ha di RT 09 Dusun hutan samak Desa Titi Akar,dan 15 Ha nya lagi di jalan Mesra Desa Sri Tanjung Kecamatan rupat.

“Hingga saat ini,Danramil 05 rupat langsung turun kelokasi dan pihaknya terus mengupayakan pemadaman dengan dibantu Sejumlah peralatan dan perlengkapan serta sarana untuk mengendalikan kebakaran telah dikerahkan,sehingga dirinya berharap api tidak terus meluas.

Memprediksi cuaca panas terik akan terus berlangsung dan ia mengimbau agar warga tidak melakukan pembakaran lahan secara sembarangan termasuk membuang puntung rokok dan lain-lainnya yang bisa rentannya akan kebakaran lahan,”tutupnya.
(ER/B010/09)

loading…


Bagikan berita ini
loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses